Prabowo Tetap Kalah Jika Lawan Jokowi Lagi

Sabtu, 14 April 2018 | 20:36:02 WIB

Prabowo dan Jokowi beberapa saat lalu
Prabowo dan Jokowi beberapa saat lalu (IST/Jambione.com)

Jambione.com - Lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) merilis hasil jajak pendapat tentang terkait elektabilitas calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Hasilnya, Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres petahana masih memiliki elektabilitas tertinggi, sedangkan Gatot Nurmantyo menjadi bakal cawapres favorit pilihan responden.

Pendiri KedaiKOPI Hendro Satrio saat memaparkan hasil surveinya menjelaskan, Jokowi memiliki elektabilitas 48,3 persen. Di bawahnya ada Prabowo Subianto (21,5 persen), Gatot (2,1 persen).

Selanjutnya ada nama M Zainul Madji alias Tuan Guru Bajang (TGB), Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang masing-masing memiliki elektabilitas 1,1 persen suara. Jadi seandainya Jokowi dan Prabowo bersaing lagi maka keunggulan masih di pihak petahanan.

"Jadi jika Jokowi rematch hari ini menghadapi Prabowo, maka ia (Jokowi, red) tetap lebih unggul,” ungkap Hendro melalui video streaming, Sabtu (14/4).

KedaiKOPI juga melontarkan pertanyaan untuk menyurvei nama yang berada dalam top of mind responden. Hasilnya, Jokowi berada di posisi teratas dengan 35 persen. Sedangkan di bawahnya ada Prabowo (12 persen), Gatot Nurmantyo (1,1 persen), AHY (0,7 persen) dan Zainul Majdi (0,5 persen).

Sedangkan untuk survei tentang bakal cawapres, Gatot berada di posisi teratas dengan elektabilitas 17,5 persen. Selanjutnya ada AHY (8,7 persen), Anies (8,6 persen), TGB (6,2 persen), Abraham Samad (4,1 persen), Jenderal Pol Tito Karnavian (3,9 persen), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (1,7 persen) dan Rizal Ramli (1,1 persen).

"Gatot Nurmantyo menjadi cawapres favorit dengan dukungan 17,5 persen suara," kata Direktur KedaiKOPI Vivi Zabkie.

KedaiKOPI juga mengajukan pertanyaan terbuka untuk mengetahui top of mind tentang figur yang akan dipilih sebagai cawapres jika pilpres digelar hari ini. Ada 4,6 persen responden menyebut nama Gatot. Selanjutnya ada TGB (4,4 persen) dan AHY (4,3 persen).
"Ini adalah tiga nama teratas yang dipikirkan masyarakat sebagai calon walaupun sebagian besar masyarakat belum memutuskan soal calon wakil presiden ini (sebanyak 53,5 persen responden),” pungkas Vivi.

Survei KedaiKOPI dilakukan terhadap 1135 responden di 34 provinsi pada periode 19-27 Maret 2018. Survei dengan metode multistage random sampling itu memiliki margin of error 2,97 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.(***)

Sumber: JPNN





BERITA BERIKUTNYA
loading...