Indikatornya Politik Uang, Kerinci Urutan 9 Daerah Rawan Pilkada se Indonesia

Minggu, 15 April 2018 | 09:16:43 WIB

Komisioner Bawaslu Jambi
Komisioner Bawaslu Jambi (Bawaslu Jambi )

Jambione.com, Jambi-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi menyebut, indeks kerawanan Pilkada 2018 di Jambi tergolong tinggi, sehingga perlu diantisipasi.

Asnawi Rivai Ketua Bawaslu Provinsi Jambi mengatakan, indeks kerawanan pilkada tersebut didapat berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu bersama jajarannya di tiga daerah yang akan menggelar pilkada tahun 2018, yang menempatkan Kerinci pada urutan 9 daerah paling rawan dari 171 daerah penyelenggara Pilkada serentak 2018 ini. 

"Indeks kerawanan tersebut menjadi acuan kami untuk mengantisipasi pelanggaran yang timbul dalam pemilihan kepala daerah," kata Asnawi. 

Selanjutnya Kabupaten Merangin menempati urutan ke 46. Sementara Kota Jambi secara nasional menempati urutan ke-86 dari seluruh daerah di Indonesia yang menyelenggarakan pilkada serentak.

"Item yang diukur dalam indeks kerawanan itu adalah soal politik uang. Sesuai data yang sudah dirilis itu untuk tiga daerah di Jambi termasuk tinggi," kata dia.

Melalui indeks kerawanan tersebut, pihaknya berharap dalam penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan itu ada upaya yang komprehensif dari seluruh pihak untuk memberantas politik uang.

"Termasuk dari masing-masing pasangan calon dan tim kampanye," pungkasnya.(***)



Tags:



BERITA BERIKUTNYA