Dana Hibah Tak Kunjung Cair, Panwaslu Nilai Pemkab Hambat Proses Pilkada

Minggu, 15 April 2018 | 21:42:51 WIB

Bawaslu Republik Indonesia
Bawaslu Republik Indonesia (Ist/Jambione.com )

Jambione.com, Jambi-Beberapa bulan menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2018, anggaran dana Hibah tahap kedua untuk Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Kerinci hingga pertengahan April ini belum juga dicairkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci.

Bahkan, dengan belum dicairkannya dana hibah tahap kedua tersebut, Pemkab Kerinci dinilai menghambat proses pengawasan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang ini. 

Hal ini dibenarkan Ketua Panwaslu kabupaten Kerinci, Fatrizal, dia mengatakan bahwa pada saat Bupati Adirozal masih menjabat dulu, dijanjikan dana hibah tahap kedua dicairkan pada minggu kedua bulan Februari. 

"Tapi sampai sekarang masuk bulan april belum juga dicairkan, saya bersama dengan Kasek sudah menanyakan dengan Pjs Bupati sekarang, jawabanya akan segera perintah untuk membayar," jelasnya. 

Bahkan, pihaknya menilai Pemkab Kerinci menghambat proses pengawasan, karena pihaknya juga telah menyampaikan kepada Sekda Kerinci dan menanyakan langsung persoalan dana hibah pengawasan untuk tahap kedua. 

"Sudah kita tanya dengan Pak Jarizal, tapi alasan dana belum turun, kalau memang belum turun kenapa KPU sudah dicairkan, ini kan ada apa," kata Fatrizal. 

Padahal Mendagri telah menyampaikan untuk dana hibah tahap kedua Panwaslu dibayar paling lambat tanggal 31 Maret 2018 lalu. 

Sementara itu, Sekda Kerinci, Afrizal HS ketika dikonfirmasi (14/4/2018) kemarin, mengatakan untuk dana hibah bagi Panwaslu Kerinci sebenarnya tidak ada masalah, hanya tinggal proses pengurusan untuk melakukan pencairan. 

"Tidak ada masalah anggaranya, tapi memang pada bulan Februari lalu kita disibukkan dengan penyusunan laporan yang tanggal 31 harus selesai, tapi sekarang BPKAD juga tengah disibukan dengan laporan kepada BPK. Sebaiknya setelah dimasukkan usulan pencairan, ditindaklanjuti terus ke BPKAD," pungkasnya.(***) 



Tags:


BERITA BERIKUTNYA
loading...