Tim BKSDA Jambi Amankan Kucing Hutan Langka dari Warga

Sabtu, 12 Mei 2018 | 19:13:52 WIB

(BKSDA Jambi)

Jambi-Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi berhasil mengamankan satu ekor  kucing hutan  langka milik warga di Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi, Sabtu (5/5/2018) lalu.

Kepala Penanganan Konflik Hewan dan Manusia BKSDA Jambi, Hefa Edison, mengatakan, kucing hutan tersebut telah berusia empat tahun dan diketahui berjenis kelamin betina. "Pengamanan hewan tersebut berkat adanya laporan masyarakat sehingga kita tidak lanjuti dan berhasil kita amankan secara persuasif," kata Edison. Jum'at (12/5/2018).

Edison menyampaikan bahwa kucing hutan dengan sepasang anak tersebut didapatkan warga karena terjebat jerat ikan di semak-semak. "Kucing tersebut sudah punya anak satu pasang. Kata warga kucing itu didapat secara tidak sengaja," terang Edison.

Saat diamankan BKSDA, kondisi tersebut dalam keadaan sehat. Nantinya, hewan langka ini akan dilepas liarkan kembali di kawasan hutan lindung Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

"Kucing hutan jenis ini dikenal dengan nama kucing kuwuk, salah satu jenis kucing hutan yang hampir punah populasinya di Indonesia. Bahkan jenis ini sangat sulit untuk ditemui. Hewan ini memiliki corak dan motif yang sangat cantik dan membuat sebagian masyarakat sengaja memburu ataupun memperjualbelikannya secara ilegal," pungkasnya.(***)





BERITA BERIKUTNYA
loading...