UIN Jambi Tambah Guru Besar Bidang Pemikiran Politik Islam  

Selasa, 15 Mei 2018 | 09:53:39 WIB

Prof. Dr. H. Su’aidi., MA. Ph.D
Prof. Dr. H. Su’aidi., MA. Ph.D (Evan/Jambione.com)

Jambi - Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi mendapat tambahan guru besar di bidang Pemikiran Politik Islam, dari total 12 orang. Sehingga kini UIN Jambi memili 13 orang guru besar.

Guru besar ini disandangkan kepada Prof Dr H Su'aidi MA PhD yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Rektor I UIN STS Jambi.

Rektor UIN STS Jambi, H Hadri Hasan mengatakan bahwa Prof Dr H Su’aidi MA PhD telah diakui kiprahnya dalam bidang politik pemikiran Islam. "Kami membutuhkan pikiran dan ilmunya dalam pengembangan UIN STS Jambi ke depannya dan kita optimis dengan pertambahan guru besar di UIN STS Jambi akan mendorong yang lainnya untuk terus meningkatkan gelarnya," kata Rektor.

Rektor menyampaikan bahwa saat ini sedikitnya ada 100 orang dosen yang sedang menempuh gelar S3. Tentu, dengan bertambahnya guru besar di UIN STS Jambi akan semakin menguatkan UIN STS jambi baik di Indonesia dan Jambi pada khususnya.

Ia pun berharap, dengan bertambahnya guru besar di UIN Jambi akan semakin meningkatkan kontribusi UIN untuk Provinsi Jambi.

Senada dengan Rektor, Ketua Senat UIN STS Jambi, Prof Dr H Adrianus Chatib SS MHum mengatakan bahwa seorang guru besar ada karena pemikirannya yang menghasilkan karya melalui penelitian yang dilakukannya. Dengan karyanya itu diharapkan dapat menjadi pedoman pemecahan masalah.

Diketahui, Prof Dr H Su’aidi MA PhD dilahirkan di Sungai Manau pada tahun 1963, merupakan putra ke enam dari delapan bersaudara dengan ayah almarhum Guru Asyari Salim, pendiri Madrasah Nurul Falah Kecamatan Sungai Manau, Ibunya almarhumah Siti Rogayah.

Prof Dr H Su’aidi MA PhD menikah dengan Dra Hj Chodijah dengan memperoleh tiga orang putra dan putri, yaitu Fadhilatul Hikmah SH (Dosen UGM dan alumni LLM Washington University, Amerika), Haekal Al Asyari SH (UII Yogyakarta) dan Fairuz El Mechwar (SMA Titian Teras, Jambi).


Prof Dr H Su’aidi MA PhD juga telah menempuh berbagai jenjang pendidikan dan pelatihan baik dalam maupun luar negeri, diantaranya Gelar Doctor of Philosophy (Ph.D) dalam kajian Islam dan Politik di Indonesia diperoleh dari University of Melbourne, Australia tahun 2007 dibawah bimbingan, Prof Merle Calvin Ricklefs, Prof Abdullah Saeed dan Prof Arief Budiman.

Gelar Doktor dalam kajian Sejarah Peradaban Islam diperoleh dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta pada tahun 2009 di bawah bimbingan Prof Dr H Azyumardi Azra MA dan Prof Dr H Swito.

Sebelumnya, beliau memperoleh gelar Magister of Arts (MA) dari McGill University, Kanada, tahun 1999, di bawah bimbingan Prof Howard M piderspiel dan Prof Uner Turgay.

Dalam periode tersebut dia juga sempat memperoleh sertifikat Intensive Course on Total Quality Management (TQM) dan Intensive Course on Teaching and Learning in Higher Education keduanya dari McGill University.


Gelar Doktorandus (Drs) dalam jurusan Dakwah beliau peroleh dari Fakultas Ushuluddin IAIN STS Jambi pada tahun 1990 dan gelar Bathelor of Arts (BA)-nya 1988 dibawah bimbingan masing-masing Drs Mahmud Manan, Drs Rafi’I Nazori dan Drs M Hatta MA. Setelah itu dia berhasil masuk dalam 30 orang calon dosen IAIN se Indonesia mengikuti Pembibitan Calon Dosen (1992) yang kemudian dilanjutkan dengan English for Academic Purpose (EAP I 1993) di Jakarta dan EAP II di Bali (1994).

sebelum dia berangkat melanjutkan S2 di McGill University, Montreal Canada 1997, Prof Dr H Su’aidi MA PhD adalah jebolan pesantren Asad Olak Kemang, Jambi Kota Seberang dan Pesantren Mustofawiyah Purba Baru, Tapanuli Selatan. Sedangkan SMP di SMP Sungai Manau dan Tsanawiyahnya diperoleh dari Tsanawiyah Mustofawiyah Purba Baru Tapanuli Selatan.(***)

 






BERITA BERIKUTNYA