Salat Tarawih di Magetan Bisa Sampai 8 Jam dan menghatamkan Al Quran

Selasa, 05 Juni 2018 | 15:11:15 WIB

ilustrasi
ilustrasi (ist/ jambione.com)

Magetan - Di Desa Temboro, Magetan, warganya terbiasa melaksanakan salat tarawih selama 8 jam. Lantas apa yang membuat salat tarawih di tempat ini lebih lama?

Ustaz Zaenal Abidin dari Ponpes Al Fatah Desa Temboro Kecamatan Karas Kabupaten Magetan di mana jamaah salat ini digelar menjelaskan, seperti halnya daerah lain di Jatim, salat tarawih di tempatnya menggunakan 23 rakaat, yang terdiri atas 20 rakaat salat tarawih dan 3 rakaat salat witir.

"Ini tadi mulainya pukul 19.00 WIB usai salat isya dan akan berakhir nanti pukul 03.00 WIB, bersamaan orang makan sahur," tandasnya saat berbincang dengan detikcom di Masjid Al Fatah, Selasa (5/6/2018) dini hari.
Zaenal melanjutkan, dari rakaat pertama hingga ke-20, imam akan membacakan 30 juz. Pembagiannya adalah, untuk setiap rakaat, imam akan membaca 1-2 juz dalam waktu sekitar 24 menit.

Ini dilakukan seterusnya secara urut hingga juz 30 di akhir rakaat ke-20.

"Jadi bacaannya mulai rakaat pertama itu misal 1,5 juz dan nanti disambung ke rakaat dua meneruskan bacaan rakaat pertama seterusnya sampai rakaat terakhir," terangnya.

Ditambahkan Zaenal, jamaah salat tarawih di tempatnya juga menggunakan sistem dua rakaat salam. "Sama, setiap dua rakaat (salat, red) salam," imbuhnya.

Tentu saja yang ambil bagian dalam salat tarawih 8 jam ini adalah para santri yang sudah hafal Al Quran atau hafiz. Untuk satu kali jamaah, biasanya para santri menggunakan 4 imam yang memimpin salat secara bergantian tiap salam.

Zaenal juga mengatakan tradisi salat tarawih selama 8 jam ini sebenarnya baru digelar 4 tahun lalu. Meskipun durasinya di atas rata-rata, namun Zaenal menegaskan bahwa sebagian besar santrinya tak keberatan melaksanakan ibadah sunnah yang hanya digelar di bulan Ramadan ini.

"Awal puasa banyak mas ratusan bahkan ribuan, penuh semua ini masjid. Tapi saat ini tinggal sekitar 50-an yang tarawih 8 jam, karena sebagian sudah mudik lebaran. Kan rumahnya jauh semua, luar jawa dan luar negeri," ujarnya.(***)

 

Sumber: Detik




BERITA BERIKUTNYA
loading...