Jadi Cabor Asian Games 2018, Pembuat PES 2018 Bangga

Minggu, 26 Agustus 2018 | 10:33:52 WIB

PES 2018
PES 2018 (ist/jambione.com)

Jakarta - Terdapat enam game yang akan ditandingkan dalam Asian Games 2018, salah satunya Pro Evolution Soccer (PES 2018), game produksi KONAMI. Developer game asal Jepang, KONAMI, mendukung penuh kompetisi eksebisi eSport di gelaran olahraga empat tahunan ini.

 

 
 
"Ini pertama kali eSport menjadi salah satu cabang demonstrasi Winning Eleven atau PES 2018 menjadi salah satu game yang ditandingkan. Saya sangat senang dan bangga. Saya mendapatkan ucapan selamat dari komunitas eSport di seluruh dunia," ujar Deputy Division Director of Promotion Planning Division KONAMI Digital Entertainment Takayuki Kurumada di Jade Room, Fairmont Hotel, 24 Agustus 2018.

Kompetisi eSport di Asian Games 2018 akan digelar mulai pada 26 Agustus hingga 1 September 2018. Dan untuk nomor PES akan diselenggarakan pada 1 September 2018 yang dimulai pada pukul 09.00 sampai 21.00 WIB di Sports Mall Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

 

Pada 1995, kata Kurumada, video game itu dikenal bernama Winning Eleven dan dibuat untuk rumahan. Game tersebut menjadi sangat populer hingga penjualan telah melebihi 1 milyar pengguna. Sedangkan, Kurumada melanjutkan, untuk video game mobile phone sejak 2017 sudah didownload lebih dari 1 miliyar kali.

"Kami sering mengadakan Liga PES setiap tahun sekali. Untuk bisa menjadi sukses hinhga setiap tahun dilaksakan, kami bekerja sama dengan PES Community. Dan saya sudah sedikit mendengar betapa aktifnya komunitas PES di Asia dan Asia Tenggara meskipun belum melihat secara langsung," tambah Kurumada.

Untuk itu awal tahun lalu, dia menjelaskan, KONAMI mengunjungi komunitas di negara di Asia termasuk Indonesia untuk melihat antusiasnya. "Melalui pertemuan itu saya bertemu dengan seorang leader komunitas PES di Indonesia namannya Pak Valent dan kita terinspirasi untuk mendukung indonesia dalam mengadakan Liga PES di Indonesia dan kami akan membantu dengan senang hati," lanjut Kurumada.

Tahun lalu, Liga PES tingkat Asia yang diikuti oleh 8 negara. Dan Indonesia masuk ke final untuk melawan Jepang. Meskipun Indonesia kalah dan Jepang menjadi juara, kata Kurumada, dia mengetahui bagaimana kuatnya permainan PES di negara-negara Asia seperti Vietnam dan Indonesia.

KONAMI memiliki tiga game yang sering dikompetisikan setiap tahunnya seperti game Football (PES 2018), Yu-Gi-Oh dan Baseball. "Untuk sepak bola ada Liga PES 2018 yang akan dimainkan di Asian Games. Lalu Yu-Gi-Oh yang dilaksanakan setahun sekali kompetisinya, game ini seperti bermain kartu. Sedangkan, Baseball memang sangat populer di Jepang dan saat ini sedang dalam prosea pembuatan, kami bekerja sama dengan pemain profesional untuk dibuatkan eSportnya," kata Kurumada. (***)

Sumber: Tempo




BERITA BERIKUTNYA
loading...