Tsunami dan Gempa Palu, Sejumlah Negara Keluarkan Travel Advice

Sabtu, 29 September 2018 | 12:41:07 WIB

Travel advice
Travel advice (Ist/Jambione.com)

Jakarta - Sejumlah negara langsung merilis travel advice atau imbauan perjalanan bagi warga negaranya yang ada di wilayah-wilayah Indonesia usia gempa bumi dan tsunami menerjang Sulawesi. Amerika Serikat (AS), Australia dan Prancis meminta warga mereka di Indonesia untuk waspada.

"#Indonesia Alert: Laporan tsunami menerjang Pulau #Sulawesi di Indonesia usai gempa bumi 7,4 Magnitudo. Warga negara AS di area tersebut: periksa media sosial dan hubungi orang-orang tercinta untuk memberitahu mereka bahwa Anda aman," imbau Departemen Luar Negeri AS via Twitter seperti dilansir dari detikcom, Sabtu (29/9/2018).

"Pantau media lokal; patuhi instruksi dari otoritas setempat," imbuh imbauan yang juga diretweet oleh Kedutaan Besar AS di Jakarta tersebut.

Imbauan perjalanan juga dirilis oleh otoritas Australia, yang meminta setiap warganya yang ada di Indonesia, khususnya di Palu untuk selalu memantau perkembangan situasi terbaru. "Pada 28 September 2018, gempa bumi 7,5 Magnitudo (diralat jadi 7,4 Magnitudo), gempa susulan yang kuat dan sebuah tsunami menerjang Sulawesi Tengah," sebut Departemen Luar Negeri Australia dalam pernyataannya.

"Komunikasi dan infrastruktur transportasi di area Palu mengalami kerusakan parah. Warga Australia yang ingin meninggalkan area tersebut harus memeriksa kembali dengan penyedia perjalanan lokal mereka. Terus pantau media dan patuhi instruksi otoritas setempat," imbau Departemen Luar Negeri Australia.

"Level imbauan perjalanan kami belum berubah. Terapkan waspada tingkat tinggi di Indonesia, termasuk Bali dan Lombok Selatan. Pertimbangkan kembali keperluan Anda untuk bepergian ke Lombok, Pulau Gili dan Sulawesi Tengah dan Provinsi Papua," demikian bunyi imbauan otoritas Australia.

Level imbauan perjalanan 'terapkan waspada tingkat tinggi' atau 'exercise a high degree of caution' merupakan level kedua dari total empat level imbauan perjalanan Australia. Pada level ini, setiap warga Australia tidak dilarang mengunjungi lokasi tertentu, namun diimbau memeriksa potensi ancaman dan lebih berhati-hati juga waspada saat melakukan perjalanan.

Dalam pernyataan terpisah, Kedutaan Besar Prancis juga merilis imbauan perjalanan bagi warganya yang ada di Indonesia, dengan mengutip terjadinya gempa bumi 7,4 Magnitudo dan tsunami yang menerjang Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) waktu setempat.

"Disarankan agar orang-orang ada di area tersebut untuk menjauhi gedung-gedung yang rusak, dan dalam situasi apapun, mematuhi instruksi otoritas setempat," demikian bunyi imbauan dari Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia. "Setiap warga Prancis atau pengunjung di negara tersebut diminta untuk menghubungi orang-orang tercinta mereka sesegera mungkin," imbuh imbauan itu.

Tak ketinggalan, Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia juga merilis imbauan serupa untuk warganya. "Anda seharusnya waspada akan risiko gempa susulan. Jika Anda berada di area tersebut, terus pantai media lokal dan patuhi instruksi otoritas setempat," demikian bunyi imbauan tersebut. (***)

Sumber: detikcom




BERITA BERIKUTNYA
loading...