KPU Kota Jambi Resmi Laporkan Ketua PPK Jelutung ke DKPP

Rabu, 03 Oktober 2018 | 15:41:48 WIB

(Fauzal/Jambione.com)

Jambi - Menyikapi dugaan terkait pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh ketua PPK Jelutung non-aktif Misgianto, Komisi Pemilihan  Umum  (KPU) Kota Jambi resmi menyampaikan pengaduan ke Dewan Kehormatan  Penyelenggara Pemilu  (DKPP), Selasa (02/10/2018) kemarin.  

Pengaduan tersebut tertuang dalam tanda terima dokumen nomor 02-02/X/PP.01/2018, yang berisi tentang pengaduan atas nama ketua dan anggota KPU Kota Jambi, dengan terlapor ketua dan anggota PPK Jelutung.  

"Ini sudah melalui proses konsultasi dengan KPU Provinsi, bahkan KPU RI. Kita khawatir bila tidak segera diambil langkah kongkret, hal ini bisa berimbas buruknya image KPU," kata Ketua  KPU Kota Jambi, Abdul Rahim. 

Ia mengaku bahwa laporan itu juga bentuk pertanggungjawaban KPU Kota Jambi dan tidak ingin dinilai melakukan pembiaran atau turut serta dalam kasus ini.

"Jika tidak kita lanjuti,  kita akan dinilai ikut melakukan  pembiaran atau turut serta dalam kasus ini," tegas Rahim.

Disinggung soal kapan DKPP akan melakukan sidang terhadap  yang bersangkutan,  Rahim enggan mengungkap secara pasti.  Rahim hanya  mengatakan,  bahwa DKPP akan melakukan pemeriksaan formil terlebih dahulu. Kemudian baru pihak pelapor dan pihak terkait lainnya akan dikonfirmasi oleh  DKPP.

"Kita hanya menunggu  kapan DKPP akan melakukan  sidang. Yang jelas  berkas pengaduan sudah kita masukkan dan akan dicek apakah  sudah memenuhi syarat formil dan materilnya, " tandasnya. 

Untuk diketahui,  dugaan pelanggaran  etika yang dilakukan boleh ketua PPK Jelutung adalah pengubahan data hasil verifikasi  faktual dukungan bakal calon (Balon) DPD-RI atas nama Kemuning Gilang Pratiwi (KGP) dari  setiap kelurahan di Kecamatan Jelutung. (***)





BERITA BERIKUTNYA
loading...