300 Honorer Terima Gaji Dana BOS, Arman: Tak Mungkin Didanai APBD Semua

Jumat, 05 Oktober 2018 | 08:56:12 WIB

Illustrasi: Honorer melakukan demo menuntut jadi PNS
Illustrasi: Honorer melakukan demo menuntut jadi PNS (Ist/Jambione.com)

Jambi - Hingga saat ini terdata 300an tenaga honorer, baik guru maupun petugas TU Sekolah Dasar Negeri (SDN), belum masuk dalam data penerima gaji yang bersumber dari APBD Kota Jambi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi menyebut, dari 800an honorer, baru 500an honorer yang sudah menerima gaji dari APBD Kota Jambi. Selebihnya masih mendapatkan gaji dari dana BOS. Hanya saja, dana BOS dari Pemerintah Pusat tidak bisa cair setiap bulan.

Di 2019 nanti, Pemkot hanya melakukan penambahan 50 tenaga honorer SD yang akan menerima gaji dari APBD. “Gaji honorer nanti di 2019 tidak naik, namum jumlah penerima dari APBD akan kita tambah sekitar 50 honorer lagi. Akan kita jaring sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ada proses yang harus dijalani agar gajinya masuk ke APBD. Kalau untuk honorer di SMPN sudah banyak yang dapat gaji dari APBD,” kata Arman.

Dikatakan Arman bahwa untuk jumlah gaji honorer dari APBD berkisar di angka Rp1 juta, baik guru maupun tenaga TU. Secara keseluruhan, Pemkot mengeluarkan anggaran sebesar Rp500 juta dalam 1 bulan untuk membayar gaji honorer untuk SDN maupun SMPN. “Tentu kalau nambah 50 orang, akan tambah Rp50 juta sebulan,” bebernya.

Dikatakan Arman bahwa tak semua guru atau petugas TU honor bisa didanai menggunakan APBD. Sebab ditakutkan dana BOS tidak bisa terpakai. Kata dia, ada porsi bahwa dana BOS dipakai untuk membayar gaji guru honor. Oleh karenanya jika didanai oleh APBD semua, maka ditakutkan dana BOS tersebut tidak terserap.

"Jadi kita harap misalnya di suatu sekolah ada 4 guru honor, yang 2 didanai APBD, sisanya didanai menggunakan dana BOS. Dana BOS yang dipakai untuk menggaji 2 pegawai honor tadi bisa ditambahkan ke 2 pegawai honor yang belum didanai APBD, jadi jumlah yang diterima bisa meningkat," kata Arman.

Jika dikalkulasikan, menurut Arman, saat ini sudah 70 persen pegawai honor di sekolah dasar sudah mendapat gaji dari APBD Kota Jambi.

"Itu kan sudah besar sekali. Tak mungkin semuanya kita akomodir, jadi harapan saya sekolah bisa mengalokasikan dana BOS untuk bisa menambah gaji guru yang belum menerima gaji dari APBD," pungkasnya. (***)





BERITA BERIKUTNYA
loading...