M Dianto: Kopi Jambi untuk Dunia

Sekda Provinsi Jambi Hadiri Festival 1.000 Kopi Kerinci 

Senin, 08 Oktober 2018 | 07:04:33 WIB

Sekda Provinsi Jambi melihatkan produk Kopi Kerinci.
Sekda Provinsi Jambi melihatkan produk Kopi Kerinci. (Andrey Mustari/Jambione.com)

 

KERINCI-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs H M Dianto MSi mengungkapkan, Provinsi Jambi mempersembahkan kopi untuk dunia melalui festival 1.000 kopi Kerinci, karena kopi-kopi yang ada di Jambi merupakan kopi yang memiliki kualitas terbaik di dunia. Hal tersebut diungkapkan Sekda pada Festival 1000 Kopi Kerinci, bertempat di Kayu Aro Kabupaten Kerinci, Sabtu (6/10)  siang.

Festival 1.000 Kopi Kerinci yang diselenggarakan selama 2 hari, dari tanggal 6 s/d 7 Oktober 2018 ini juga menampilkan berbagai kesenian daerah Kerinci, salah satunya adalah Tari Tapuak Galambuang dan Tari Tgeak Gilo.

"Kita memiliki beberapa kopi yang kualitasnya terbaik di dunia, salah satunya adalah kopi Kerinci. Melalui festival ini, kita lebih memperkenalkan kopi Jambi ke seluruh Nusantara bahkan sampai ke penjuru dunia," ujar Sekda.

Sekda mengemukakan, kopi Kerinci sendiri meraih juara pertama saat mengikuti lomba pada Jakarta Coffee Week 2018 yang diselenggarakan di PIK Avenue, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara pada tanggal 28 s/d 30 September 2018. Berdasarkan penilaian para juri, kopi Kerinci memiliki kualitas yang baik sehingga para juri menobatkan kopi Kerinci menjadi juara pertama.

 "Semoga, dengan diselenggarakannya Festival ini, kopi Kerinci bisa lebih dikenal dan lebih populer di Nusantara bahkan di mata dunia," kata Sekda.

Lebih lanjut, Sekda mengungkapkan, kopi Kerinci sendiri sudah dipesan oleh beberapa negara di dunia karena kualitasnya memang telah diakui dunia, terutama negara Amerika.

"Kita juga sudah mengirimkan beberapa kontainer kopi untuk dipasarkan di Seatle, Amerika Serikat," ungkap Sekda.

Sekda juga mengharapkan, melalui festival ini dapat memberikan multiplier effect bagi perekonomian masyarakat Jambi, baik itu pengusaha kopi maupun para petani kopi sendiri, sehingga nantinya kesejahteraan masyarakat Jambi juga ikut meningkat. (rey/adv)





BERITA BERIKUTNYA
loading...