Panti Sosial Bina Daksa Budi Perkasa Palembang bekerjasama Dinas Sosdukcapil Provinsi Jambi

Penyandang Disabilitas Diberikan Keterampilan Tata Boga

Senin, 08 Oktober 2018 | 21:08:41 WIB

(Andrey Mustari/Jambione.com)

JAMBI - Panti Sosial Bina Daksa Budi Perkasa Palembang bekerjasama dengan Dinas Sosial dan Kependudukan Pecatatan Sipil (Dinas Sosdukcapil) Provinsi Jambi, Senin (8/10) kemarin, melaksanakan Program Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM)Dalam Rangka Pelaksanaan Kegiatan Penjangkauan Layanan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial(PMKS).

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Hotel Nusa Wijaya Kota Jambi dan diikuti 40 peserta penyandang Disabilitas. Kepala Dinas Sosdukcapil Provinsi Jambi, Arief Munandar SE, dalam sambutanya sekaligus membuka acara menyatakan, pemerintah Provinsi Jambi, sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan RKM di Jambi, dan ia pun mengucapkan terimakasih kepada Panti Sosial Bina Daksa Perkasa Palembang, yang sudah memilih Jambi menjadi salah satu wilayah yang dijadikan sebgai tempat pelaksanaan RKM.

“Kita mengucapkan terima kasih kepada Panti Sosial Bina Daksa Perkasa Palembang, dan dengan kegiatan ini, kita dari Dinas Sosdukcapil sangat merasa terbantu,” kata Arief.

Selain itu, Arief juga menyatakan, program ini salah satu upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan dan perlindungan sosial bagi masyarakat yang berkebutuhan khusus dengan tujuan untuk mewujudkan masyarakat penyandang disabilitas yang berkualitas dan memiliki kompetensi diri yang bisa bermanfaat bagi dirinya sendiri, sehingga masyarakat penyandang disabilitas bisa hidup mandiri serta sejahtera.

“Kita akan terus berupaya mewujdukan agar penyandang disabilitas ini mempunyai kompetensi agar bisa diberdayakan. Dan pemerintah akan memberikan bantuan serta pelatihan kepada penyandang disabilitas sebagai penunjang bagi mereka untuk bisa mandiri dan sejahtera dari segi perekonomian mereka,” jelas Arief Munandar lagi.

Tidak hanya itu, Arief juga menyatakan, saat ini masyarakat penyandang disabilitas harus ditanamkan dalam diri mereka, bahwa mereka mempunyai hak yang sama dengan masyarakat pada umumnya, dan hal itu dilakukan dengan cara memperluas jangkauan pelayanan bagi masyarakat Penyandang Disabilitas secara lebih adil dan merata. “Mereka sama dengan kita yang normal, dan mereka mempunyai hak yang sama dalam membangun bangsa dan negara ini,” ujar Arif Munandar lagi.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Panti Sosial Bina Daksa Budi Perkasa Palembang, Dra Teni Tresnayanti, bahwakegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan mental sosial dan keterampilan tata boga kepada penyandang disabilitas fisik antara umur 17 hingga 51 tahun.

Setelah diberikan bimbingan ini lanjut Teni, para penyandang disabilitas diharapkan mampu mewujudkan keterampilannya dalam kehidupannya sehari-hari.

Kegiatan ini juga diharapkan mampu memulihkan dan mengembangkan serta memberdayakan penyandang disabilitas supaya dapat berfungsi sosial di lingkungan masyarakat. “Persoalan ini menjadi tanggung jawab kita bersama, baik masyarakat dan juga pemerintah. Para penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan kita yang normal ini, dan mereka berhak hidup lebih layak. Dan kegiatan ini salah satu fasilitas yang diberikan pemerintah bagi mereka,” kata Teni. (rey)





BERITA BERIKUTNYA
loading...