Diduga Berformalin, Dinkes Minta Warga Hati-Hati Konsumsi Anggur Merah

Rabu, 10 Oktober 2018 | 09:05:08 WIB

Illustrasi Anggur Merah
Illustrasi Anggur Merah (Ist/Jambione.com)

Jambi - Beredar informasi bahwa banyak anggur yang dijual di pinggir jalan mengandung formalin. Bahkan info yang beredar di tengah masyrakat, anggur tersebut didatangkan langsung dari China.

Menanggapi hal tersebut Kabid Pengawas Obat dan Makanan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jambi, Harnita, mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui hal tersebut. Karena belum adanya informasi dari Badan Pengawas Obat dan makanan bahwa anggur tersebut mengandung formalin.

"Sampai dengan saat ini kita belum dapat edaran dari BPOM kalau ada anggur yang mengandung formalin," katanya.

Terkait apakah sudah melakukan pemeriksaan di sepanjang jalan yang banyak menjual anggur. Dirinya mengatakan bahwa hal tersebut merupakan wewenang BPOM.

"Karena yang berhak memeriksa makanan apakah makanan dan obat ada formalin atau tidak hanya BPOM. Jika nanti sudah ada edaran ada anggur yang mengandung formalin nanti akan ditindaklanjuti," ujarnya.

Sementara itu, Ida Yulianti, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi mengimbau warga untuk tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi jenis makanan. "Jika terdapat tanda-tanda membahayakan setelah mengkonsumsi buah silahkan langsung datang ke rumah sakit dan melaporkan kejadian ke Dinas Kesehatan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, baiknya hati-hati mengkonsumsi minuman ini," kata Ida Yulianti. (***)





BERITA BERIKUTNYA
loading...