KPU Muarojambi Gelar Bimtek Pelaporan Dana Kampanye

Senin, 22 Oktober 2018 | 23:06:16 WIB

BIMTEK : Komisioner KPU Kabupaten Muarojambi yang kemarin menggelar bimtek.
BIMTEK : Komisioner KPU Kabupaten Muarojambi yang kemarin menggelar bimtek. (Andrey Mustari/Jambione.com)

JAMBI – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU D) Kabupaten Muarojambi, Senin (22/10) kemarin, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi dan Pelaporan Dana Kampanye Partai Politik Peserta Pemilu 2019. Kegiatan tersebut digelar di Hotel Royal Garden Paal 10 Kota Jambi.

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh Komisioner KPU Muarojambi, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muarojambi, M Hafis, dan perwakilan seluruh partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2019 mendatang.

Ketua KPU Muarojambi, Elfi Prasetia menyatakan, Bimtek ini penting dilakukan untuk memperjelas penggunaan dana kampanye yang digunakan para peserta pemilu. Tidak hanya penggunaanya, tetapi juga penerimaan dana kampanye itu sendiri.

Dalam pelaksanaanya, para peserta pemilu harus mengikuti sejumlah tahapan. Diantaranya adalah sebelum masa kampanye, tahapan awal yang harus dilakukan partai adalah membuat rekening khusus dana kampanye.

“ Jadi awal yang harus dilakukan itu, partai harus membuat rekening khusus. Bertujuan setiap akan menggunakan uang, maka uang tersebut harus masuk terlebih dahulu ke rekening dana kampanye, dan setelah itu baru digunakan,” kata Elfi.

Setelah itu, partai melakukan pelaporan dana kampanye, yang tahapannya disebut dengan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK). Pelaporan ini dibuat berbasis teknologi (IT), sehingga bisa diakses semua pihak, tidak hanya KPU tetapi juga pihak partai. Tahapan ini disebutkan dengan Sistem Dana Kampanye (Sidakam).  

“Sebelum LADK, KPU terlebih dahulu melaskanakan Bimtek. Karena kita menggunakan sistem aplikasi yang berbasis IT, sistem ini disebut Sidakam,” jelas Elfi lagi.

Ditegaskan Elfi, apabila tahapan ini tidak dilakukan, maka peserta pemilu baik partai dan anggota akan dikenakan sanksi. Sanksinya dalam bentuk digugurkan sebagai peserta. LADK tidak hanya dibuat partai tetapi juga anggota partai yang menjadi peserta pemilu.  Namun, dalam teknisnya yang menyampaikan tetap partai pengusung.

Tahapan selanjutnya adalah Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK). Hal ini juga dilakukan partai dan akan dimulai pada 2 Januari 2019 mendatang, dan saat ini dalam proses pembukuan. Dan yan terakhir adalah Laporan Penggunaan dan Penerimaan Dana Kampanye (LPPDK). Dan hasil ini akan diumumkan pada 26 April 2019, setelah pelaksnaan Pemilu.

Dalam kesempatan itu juga, KPU tidak hanya menggelar Bimtek, namun juga digelar acara pisah sambut antara Komisioner KPU yang lama dengan Komisioner KPU Muarojambi yang baru. (rey)





BERITA BERIKUTNYA
loading...