Kwarcab Pramuka Batanghari Gelar Acara Bersama PGSD FKIP Unja 2018

Senin, 05 November 2018 | 12:46:42 WIB

(Ardian Faisal/Jambione.com)

Muara Bulian - Kwarcab Pramuka Batanghari menggelar acara pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Golongan Penggalang, Senin (5/11/2018).

Ketua Panitia Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Golongan Penggalang, Mara Mulya Pane mengatakan, gerakan Pramuka bertujuan mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan Kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa.

" Agar menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur baik mental maupun spiritual, serta mempunyai budi pekerti yang tinggi dan kuat dalam keyakinan beragama, cerdas, terampil dan sehat jasmaninya," katanya.

Dirinya menjelaskan, tugas pokok gerakan Pramuka adalah menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia, mencari tujuan Gerakan Pramuka sehingga dapat membentuk kader-kader pembangunan yang berjiwa Pancasila dan sanggup serta mampu menyelenggarakan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. 

"Gerakan Pramuka hidup dan bergerak di tengah masyarakat dan berusaha membentuk kader- kader pembangunan yang berguna bagi masyarakat. Karenanya gerakan Pramuka memperhatikan pula keadaan, kemampuan, kebutuhan dan harapan masyarakat termasuk para orang tua," tuturnya. 

Gerakan Pramuka diharapkan dapat menyiapkan tenaga Pramuka sesuai dengan apa yang diharapkan orang tua dan masyarakat setempat. 

Sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan wawasan Pembina Pramuka dalam membina peserta didik agar tercapainya tujuan gerakan Pramuka maka, diperlukan pendidikan dan latihan (kursus) untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sehingga mengerti dan memahami serta ikut memiliki gerakan Pramuka sehingga sadar secara sukarela membantu baik moril maupun materil terhadap pelaksanaan pendidikan dan latihan di dalam gerakan Pramuka.

"Selain itu, diharapkan pula muncul Pembina Pramuka yang memiliki pengalaman dalam hal Kepramukaan serta memahami ide dasar Kepramukaaan. Apalagi saat ini gerakan pramuka atau kepramukaan sudah masuk ekskul wajib berdasarkan keputusan presiden yang tertuang dalam undang-undang nomor 12 tahun 2012," sebutnya. 

Untuk itu diperlukan kursus Pembina Pramuka mahir Tingkat Dasar bagi Pembina Pramuka agar pembinaan terhadap generasi bangsa khususnya dalam bidang kepramukaan benar-benar tertuang dengan sebaik-baiknya dan mampu mencetak kader yang benar-benar berkualitas ·          

Pelaksanan Kursus ini sebagai tindak lanjut kerjasama yang telah terjalin antara Kwartir Gerakan Prmakua Batang Hari dengan PGSD FKIP UNJA. Hadir dalam acara ini Kamabigus PGSD UNJA beserta Jajaran, Wakil Ka. Kwarcab Gerakan Pramuka Pramuka Batang Hari, Kapus Diklat Beserta Tim Pelatih jajaran Kwarcab Batang Hari dan Para Andalan Cabang. (***)





BERITA BERIKUTNYA
loading...