Gelar UKW ke 5, PWI Jambi Sudah Lahirkan 150 Wartawan Kompeten

Senin, 05 November 2018 | 22:18:27 WIB

()

 

Jambione.com- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi kembali akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke 5. Rencananya kegaiatan itu akan dilaksanakan di Hotel Abadi Jambi, pada Jumat, (9/11). Uji Kompentensi Wartawan (UKW) diikuti peserta dari wartawan cetak, radio, elektronik, di Provinsi Jambi, dan di dukung sepenuhnya oleh SKK Migas dan K3S.

Ketua PWI Jambi, Saman mengatakan bahwa total peserta yang akan mengikuti UKW ke 5 ini adalah sebanyak 42 orang. Nantinya akan dibagi menjadi tiga kategori sesuai dengan jenjang masing-masing. “Untuk Muda ada 3 kelompok, Madya 1 kelompok, dan Utama 2 kelompok,” katanya.

Saman menambahkan bahwa UKW ini terselenggara atas dukungan penuh SKK Migas dan K3S. Ia berharap agar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ini dapat meningkatkan profesionalisme, wawasan dan etika wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya selalu memegang teguh UU Pers dan Kode Etik.

“Dengan mengikuti UKW diharapkan seluruh peserta memperoleh wasasan, pengetahuan dan mempunyai kompetensi dalam menjalankan tugasnya, sehingga bisa berguna untuk pemerintah, masyarakat dan lingkungan,”ujar Saman.

Menurut dia, UKW di Propinsi Jambi sudah berjalan sebanyak 5 (lima) gelombang dan untuk pembiayaan dari gelombang pertama sampai ketiga dibantu Pemerintah Daerah dan PWI pusat, namun untuk gelombang ke 4 (empat) karena tidak ada bantuan dana, maka para peserta menggunakan biaya sendiri. Total, sudah ada sebanyak 150 lebih wartawan yang sudah tersertifikasi.

“Patut kita apresiasi UKW ke 5 ini kita di dukung penuh oleh SKK Migas dan K3S,”jelas Saman.

Pelaksanaan UKW dijalankan dengan ketat tidak ada istilah lobi. Bagi peserta yang tidak memenuhi syarat, maka dinyatakan tidak lulus. Untuk penguji UKW dari Jambi, Medan, Jawa Tengah, Jakarta dan Banten. (****)

 

 

 





BERITA BERIKUTNYA
loading...