Cegah Money Politik, Bawaslu Gelar Deklarasi Pengawasan Bersama

Jumat, 09 November 2018 | 00:41:03 WIB

(Paradil Iwel/Jambione.com)

 

SAROLANGUN- Mencegah adanya money politic pada pemilihan anggota DPR, DPR Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD RI dan Presiden dikabupaten Sarolangun pada  pemilu 2019 mendatang. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan Deklarasi Pengawasan Bersama di aula hotel King, Kamis (08/11) kemarin.

Dalam Deklarasi Pengawasan Bersama tersebut, Bawaslu Sarolangun mengajak para partai politik yang sudah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mendeklarasikan tolak dan lawan politik uang serta politisasi Sara. Tidak hanya para Parpol, akan tetapi para elemen masyarakat, seperti Tokoh masyarakat, para ulama, OKP, mahasiswa hingga para pelajarpun ikut mendeklarasikan tolak politik uang tersebut.

"Ini Komitmen kita bersama, dan ini adalah kunci bagi kita semua untuk secara bersama-sama menciptakan setiap tahapan pada Pemilu 2019 mendatang bebas dari pengaruh politik transaksional dan penggunaan Sara dalam melakukan kampanye," ujar Ketua Bawaslu Sarolangun, Edi Martono. SE saat diwawancara sejumlah wartawan usai acara.

Sementara, Anggota Bawaslu Sarolangun, Divisi Penidakan, Mudrika SH.MH mengatakan bahwa Bawaslu Sarolangun memastikan akan menindak pemberi atau penerima yang kedapatan melakukan politik uang pada pemilu 2019 mendatang. Hal ini dikarenakan politik uang adalah tindak pidana yang bisa berujung pada diskualifikasi caleg ataupun pasangan calon itu sendiri. Dia juga mengingatkan, penerima uang bisa dipidana lantaran melanggar perundangan.

"Pidana itu pasti, kalau terbukti. Apabila yang melakukan itu calon atau caleg maka secara hukum nanti setelah inkrah bisa diskualifikasi. Dan hukuman money politics itu bisa diberi bagi penerima dan pemberi," tegas Mudrika.

Dalam pernyataan komitmen tersebut, para pengurus partai politik dan semua elemen masyarakat dan OKP hingga mahasiswa dan pelajar membubuhkan tanda tangan di spanduk yang sudah disiapkan oleh pihak Bawaslu kabupaten Sarolangun. (wel)





BERITA BERIKUTNYA
loading...