Lomba Minat Baca Tingkatkan Daya Kreatifitas Anak

Senin, 03 Desember 2018 | 10:33:15 WIB

Plt Kepala Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batanghari, Mukhlis, SE, MM, menyerahkan tropi LMB.
Plt Kepala Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batanghari, Mukhlis, SE, MM, menyerahkan tropi LMB. (Ardian Faisal/Jambione.com)

MUARA BULIAN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batanghari terus melakukan sosialisasi fungsi perpustakaan. Salah satunya adalah menggelar Lomba Minat Baca (LMB) tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Batanghari, Dra. Emanelfia mengatakan, LMB bertujuan agar pelajar sejak usia dini menanamkan gemar membaca. 

"Kita mengharap anak selalu berlomba membaca dan menulis. Minimal peserta LMB bisa menjadi duta di sekolah, baik dalam menggali ilmu melalui buku atau menggali kreatifitas anak didik dalam menulis buku," kata Emanelfia, Jumat (30/11).

LMB Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Batanghari kali ini mengusung tema "Kita kembangkan dan tingkatkan daya kreatifitas dan minat baca anak dalam mempersiapkan generasi penerus beriman, berilmu cerdas dan tangguh".

"Peserta LMB berasal dari 8 TK dengan jumlah peserta 56 anak dan 15 SMP dengan jumlah peserta 30 anak," ujarnya. 

Ada tiga kategori lomba yang dikuti peserta LMB akhir November 2018 ini. Pertama lomba mendongeng khusus peserta TK, kedua lomba membuat sinopsis dan ketiga lomba menulis cerita bagi peserta SMP. 

"LMB ini sebelumnya telah berlangsung bulan Mei yakni lomba bercerita tingkat SD, lomba perpustakaan sekolah dan perpustakaan desa," tuturnya. 

LMB tingkat TK dan SMP digelar selama dua hari. Hari pertama LMB TK dan hari kedua LMB SMP. Peserta juara LMB akan mendapat piagam, tropi dan uang pembinaan. 

"Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan HUT Batanghari ke 70 tahun 2018," sebutnya. 

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Batanghari H. Bustomi membuka secara resmi lomba. Ia merasa bangga LMB kali ini mengalami kemajuan dari LMB sebelumnya. 

"Ikutilah lomba dengan baik. Jadilah generasi berilmu dengan gemar membaca. Jangan sungkan datang ke perpustakaan, sebab perpustakaan ini milik masyarakat Batanghari," tegasnya. 

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batanghari, Mukhlis, SE, MM dalam sambutannya mengatakan minat baca harus terus dilakukan kepada anak usia dini. 

"Dengan adanya lomba minat baca diharapkan mampu mengasah dan menambah wawasan anak," ungkapnya. (fai/adv)  





BERITA BERIKUTNYA
loading...