Ini Kronologis Tabrakan Maut SpeedBoat di Laut Sebatik

Minggu, 01 Juli 2018 | 09:42:32 WIB

Kecelakaan speedboat di perbatasan Pulau Nunukan-Tawau Malaysia
Kecelakaan speedboat di perbatasan Pulau Nunukan-Tawau Malaysia (Dok Tim Sar)

Jakarta - Speedboat yang mengangkut belasan WNI ini bertabrakan dengan speedboat lain yang diduga dari negara Filipina. Kejadian itu menewaskan lima penumpang, sementara pengemudi speedboat dan seorang anak dinyatakan hilang.

"Kairul alis Olong bin Selong, motoris, belum diketahui keberadaannya. Kemudian keterangan dari para penumpang yang selamat bahwa masih ada penumpang atas nama Bastian, umur sekitar 6 tahun, belum diketahui keberadaannya," ujar Kapolres Nunukan AKBP Jepri Yuniardi dalam keterangan tertulisnya kepada detikcom, Minggu (1/7/2018).

Kecelakaan speedboat ini terjadi pada Jumat (29/6/2018) malam. Berikut kronologi tabrakan speedboat tersebut:

-Pukul 19.00 Wita

Speedboat bermesin 200 PK mengangkut 19 orang penumpang yang terdiri laki-laki 12 orang, perempuan 5 orang dan 2 anak laki-laki. Speedoat berangkat dari Dermaga Jembatan Pakci Fauzi Batu 4 Tawau Malaysia dengan tujuan Sebatik Indonesia.

-Pukul 19.15 Wita

Speedboat sudah mendekati perairan Sebatik, Indonesia. Tiba-tiba dari arah berlawanan -dari Sebatik menuju Tawau- datang perahu motor diduga berbahan Plywood dengan kecepatan tinggi, yang sama-sama tidak menggunakan alat penerangan atau lampu sehingga terjadi tabrakan.

-Pukul 19.30 Wita

Akibat tabrakan, speedboat pecah dan penumpang masing-masing menyelamatkan diri dengan berenang ke arah daratan Sebatik, dengan alat bantu life jaket dan jerigen. Sedangkan kapal lawan tabrakan tetap melaju diduga ke arah Tawau.

-Pukul 20.30 Wita

Datang pertolongan dan dilaksanakan evakuasi.

-Pukul 22.00 Wita

Kantor SAR Balikpapan menerima informasi kecelakaan speedboat ini.(***)

Sumber: Detik




BERITA BERIKUTNYA
loading...