Februari, Fachrory Dilantik Jadi Gubernur Definitif

Selasa, 08 Januari 2019 | 13:52:43 WIB

()

 

 

Jambione.com,  Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar segera dilantik menjadi gubernur definitif.  Kepastian ini diungkapkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, di kompleks Istana Negara, Jakarta pada Senin (7/1) kemarin. Menuruh Tjahyo pelantikan Gubernur Jambi definitif akan dilaksanakan bersamaan dengan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak pada Februari 2019.

            Seperti diketahui, Wakil Gubernur Fachrori Umar yang kini menjabat pelaksana tugas (plt) akan dilantik menjadi gubernur definitif karena status hukum Gubernur Zumi Zola telah berkekuatan hukum tetap. Menurut Tjahyo Jadwal pasti pelantikan tinggal menunggu agenda Persiden Joko Widodo.

            Jika mengacu ke Jawa Timur, Gubernur Jatim Soekarwo akan berakhir pada 12 Februari mendatang. Bila tidak ada perubahan, maka pelantikannya dilakukan sesuai jadwal 13 Februari. “Misalnya 12 Februari, Jatim selesai. Kami minta tanggal 13 (dilantik). Yang bisa gabung ada Jambi karena sudah memiliki kekuatan hukum tetap. Jadi wagubnya naik,” ucap Tjahjo dikutif dari jpnn.com.

            Dengan demikian, tinggal pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Maluku Utara dan Lampung terpilih yang menunggu agenda berikutnya. "Yang Maluku, Maluku Utara bulan Maret. Riau juga Maret, habis Pemilu, Lampung,” kata Tjahjo sembari menambahkan, begitu periodenisasinya berakhir, kepala daerah yang baru langsung dilantik.

            Sementara itu, Sekda Provinsi Jambi M. Dianto mengatakan dia segera menghadap Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait dengan Surat Keputusan pemberhentian Zumi Zola sebagai Gubernur Jambi. Menurut Dianto, dia akan menghadap Kemendagri bersama beberapa pejabat lainnya.
            "Insya Allah tanggal 8 (hari ini) kami beberapa pejabat Provinsi Jambi, yaitu saya, Pak Asisten III, Kepala Biro Pemerintahan, dan Kepala Biro Hukum akan menghadap Ditjen Otda di Kemendagri," kata Dianto, Senin (7/1).
            Dianto mengatakan, mereka akan meminta agar SK Presiden mengenai pemberhentian Zumi Zola dipercepat. "Kami kesana meminta untuk dipercepat SK dari Presiden tentang pemberhentian Pak Zumi Zola," ujarnya.
            Setelah SK diperoleh, lanjut Dianto, akan disampaikan ke Sekretaris Dewan (Sekwan). Dimana Sekwan telah menentukan tanggal pelaksanaan paripurna untuk menindaklanjuti SK tersebut.
            "Lalu dikesempatan yang sama pula nantinya akan mengusulkan Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar menjadi Gubernur Jambi, sekaligus memberhentikan Pak Fachrori Umar selaku wakil Gubernur Jambi. Disanalah nanti tiga keputusan yang diambil akan disampaikan," pungkasnya.
            Sebelumnya, Zumi Zola telah diberhentikan sementara oleh Kemendagri karena tersangkut kasus gratifikasi dan suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi 2017-2018. Saat ini, proses hukum Zumi Zola sudah inkrach. Dia ditahan di Lapas Sukamiskin, setelah divonis 6 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta beberapa waktu lalu.(isw)

 

 

 





BERITA BERIKUTNYA
loading...