KPU Kerinci Optimis Bisa Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pemilu

Jumat, 11 Januari 2019 | 18:09:06 WIB

(Saudi Arabia/Jambione.com)

KERINCI - Meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Legislatif dan Presiden pada April 2019 mendatang di kabupaten Kerinci, akan menjadi tantangan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Kerinci.

Sebab, Partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kabupaten Kerinci pada Juni lalu hanya 72 persen, masih rendah dari target yang telah ditetapkan KPU RI 77,5 persen.

Ketua KPU kabupaten Kerinci, Kumaini, S. Pd, mengatakan bahwa, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada Pileg dan Pilres yang berlangsung 17 April mendatang.

"Kita terus turun ke masyarakat, agar partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya bisa meningkat dari Pilkada lalu, sebab pada tahun ini ada Lima yang akan dipilih, ada DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD RI dan Presiden,"jelas Kumaini kemarin.

Disinggung target Partisipasi pemilih pada Pemilu ? Komisioner Dua periode ini, menyebutkan bahwa partispasi pemilih optimis bisa mencapai target yang telah ditetapkan secara Nasional yakni 77,5 persen. "Yang jelas kita yakin bisa mencapai target pada Pemilu tahun ini,"tegasnya.

Menurutnya, Pada Pemilu 2019 nanti, pastisipasi pemilih yang akan datang ke TPS cukup tinggi, karena hampir setiap desa memiliki ,memiliki Calon Legislatif (Caleg). "Kalau di Pilkada partisipasi pemilih kita hanya 72 persen tagetnya 77,5 persen. Tapi optimis bisa meningkat pada Pemilu 2019, karena kita juga terus melakukan sosialisasi ke masyarakat,"tambahnya.

Bahkan saat ini, pihak KPU Kerinci sedang merekrut Relawan Demokrasi, untuk membantu melakukan sosialisasi dan meningkatkan partisipasi pemilih. "sekarang sudah mulai rekrutnya, mudah-mudahan ini bisa membantu meningkat partisipasi pemilih di Kerinci,"pungkasnya.(sau)





BERITA BERIKUTNYA
loading...