Maulana : ATCS Solusi Kemacetan di kota Besar

Lima Simpang akan Pakai ATCS

Kamis, 11 April 2019 | 19:31:09 WIB

(Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI- Dishub kota Jambi menggelar rakor forum lalu lintas,  di aula Dishub kota Jambi, Kamis (11/4).

Rakor forum lalu lintas tersebut dipimpin langsung wakil walikota Jambi Maulana, serta dihadiri dari pihak Kapolda, Polresta, kepala Dishub provinsi Jambi, dan kepala OPD di lingkungan pemkot Jambi.

Dikatakan Maulana bahwa rakor ini dilakukan yang pertama untuk tahun 2019. Menurutnya Forum ini dipandang perlu karena saat ini kota Jambi sudah menjelma menjadi kota besar.

Salah satu tantangan dari kota besar yakni terjadi kemacetan lalu lintas akibat bertambahnya jumlah kendaraan. Hal ini karena kota Jambi menjadi pusat pendidikan, kesehatan, dan aktivitas ekonomi.

Sesuai dengan visi dan misi walikota dan walikota Jambi mengenai Smart City. Pemkot jambi sengaja membahas Area Traffic Control System (ATCS) di kota Jambi. 

Berdasarkan data saat ini kota Jambi  memiliki 40 simpang. Menurutnya tahun ini akan dipasang ATCS di  24 simpang.

"Tahun lalu baru ada 5 simpang yang menggunkan sistem ATCS, tahun ini ditambah 5 ATCS lagi bantuan dari pusat dan APBD, sementara 14 simpang baru memiliki CCTV saja. Mudah-mudahan ada bantuan lain, untuk segera ATCS," katanya.

Menurutnya dengan sistem ATCS maka dapat Menekan abgka kriminal di kota Jambi. Karena semua simpang yang terpasang ATCS dapat terpantau di gedung COC.

sementara itu dikatakan saleh Ridho bahwa ada penambahan 5  simpang yang akan dipasang Area Traffic Control System (ATCS) pada 2019 ini . 5 simpang penambahan ATCS tersebut akan dilakukan di Simpang 3 Mayang, simpang 3 kota baru, Simpang 4 makalam,  simpang 4 pulai, dan simpang 3 rindu.

ATCS yang akan dipasang tersebut, 3 Diantaranya dibiayai dari kementrian melalui dana APBN , sementara 2 dipasang dari dana APBD kota Jambi. Nantinya ATCS ini akan langsung dihubungkan dengan Polresta kota Jambi.

"Kalau anggaran APBD sekitar Rp800 Juta," katanya. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...