Punya Aset Rp 2 M, Suami Istri Bandar Sabu Asal Merangin Dijerat dengan TPPU 

Jumat, 12 April 2019 | 22:08:03 WIB

()

 

 Jambione.com-  Sepasang suami istri (pasutri) bandar sabu sasl Merangin, Rudi (42) dan Nisa (36) dijerat dengan Undang Undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Total aset keduanya yang disita Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi karena diduga dari hasil narkoba mencapai Rp 2 Miliar.

            Kepala BNNP Jambi, Brigjen Pol Heru Pranoto mengatakan, aset kedua tersangka yang disita antara lain satu unit mobil, sebidang tanah dan bangunan di Provinsi Riau. Selain itu bangunan rumah yang ada di Manado juga turut disita. " Nilainya Rp 2 Miliar. Kalau rumah, sebidang tanah dan mobil kita bawa surat suratnya sebagai barang bukti," katanya.

            Menurut Heru, BNNP menerapkan TPPU terhadap pasangan bandar ini untuk memberikan efek jera kepada para bandar dan pengedar narkotika lainnya. "Kita miskinkan. Karena mereka ini merusak bangsa. Kita kasihan para anak bangsa ini kedepannya," ujarnya.

            Heru melanjutkan, selama melakukan trankasi narkotika, uang yang didapat kedua tersangka sudah mencapai Rp 3 Miliar lebih."Selama dua bulan, tapi itu sekarang kita jadikan barang bukti," sebutnya. Berkas perkara pasutri tersebut telah dinyatakan lengkap dan telah masuk P21.

            Untuk diketahui,  Rudi dan istrinya Nisa tercatat 12 kali memasok sabu ke Jambi dengan berat di atas 1 kilogram. Barang tersebut mereka pasarkan di Sarolangun, Merangin, Bungo, Sumatera Selatan, Medan, dan Riau.

            Keduanya membeli sabu dari Malaysia dipasok ke Jambi melalui Batam dan Pekanbaru. Kemuidan, dari Pekanbaru, sabu tersebut diselundupkan melalui jalur darat ke Bungo dan Merangin. Selanjutnya  mereka menjual barang haram tersebut ke sejumlah pengedar di wilayah lain.

            Aksi pasangan suami istri ini terhenti pada, Selasa, 4 September 2018 lalu. Keduanya ditangkap di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), KM.50 Desa Rantau Ikil, Kecamatan Jujuhan (Depan Mapolsek Jujuhan), Kabupaten Bungo. Saat itu, Rudi dan istrinya mengendarai mobil Nissan Grand Livina Warna Putih Nopol BG 1303 DY. Bersama keduanya disita 1 Kilo sabu yang disimpan di bagian belakang mobil. (isw)

 

 





BERITA BERIKUTNYA
loading...