Fachrori Pastikan Wagub Segera Diisi, Tiga Nama Mencuat

Selasa, 14 Mei 2019 | 12:20:03 WIB

(ist/Jambione.com)

JAMBI- Pasca pemilu serentak 2019, kursi Wakil Gubernur (Wagub) Jambi segera diisi. Dalam tiga bulan ke depan, siapa kandidat bakal mengisi kursi yang lama kosong sejak Fachrori Umar dilantik menjadi Gubernur Jambi definitif pertengahan Februari 2019 lalu dipastikan sudah  bisa diketahui publik.

Sinyal pengisian posisi wagub segera dilakukan ini diungkapkan langsung oleh Gubernur Jambi Fachrori Umar kepada wartawan usai buka bersama unsur Forkompinda, di rumah dinas gubernur, Senin (13/5) malam.

"Insya Allah dalam tiga bulan ke depan kalian (wartawan) akan tahu," katanya saat ditanya wartawan. Meski tidak menyebut nama,  Fachrori memastikan sosok yang bakal menjadi Wagub Jambi nanti bakal disenangi masyarakat. 

"Amanlah, nanti yang berkaca mata ini," katanya sembari berseloroh dan mengarahkan pandangannya ke wartawan. "Nantilah. Senanglah nanti. Kamu percayalah. Rahasia," ujarnya sambil tertawa.

Begitu juga saat ditanya dari partai mana sosok yang bakal menjadi Wagub itu, Fachrori tidak menjelaskan secara detail  "Bocorannya pak, apakah dari PAN?" kata wartawan. "PAN..PAN," ujarnya tertawa lepas. "Masa seorang perempuan ndak tau," bisiknya ke wartawan sembari tertawa lagi.

 Sebelumnya, Maret lalu, Fachrori sudah menyampaikan keinginannya supaya posisi wagub segera diisi. Ketika itu Fahrori mengaku membutuhkan wakil untuk membantu tugasnya yang cukup berat.

"Sangat, sangat perlu (wakil gubernur)," ujar Fachrori saat ditanya wartawan. Bahkan ketika Fachrori juga mengungkapkan kriteria pendamping yang diinginkannya. Menurut Fachrori, dia mengutamakan sifat yang dimiliki Nabi Muhammad SAW. "Saya lihat orangnya yang memang sesuai sifat-sifat nabi Muhammad. Nanti akan saya tanya itu (Sidiq, Fatonah, Tabligh, Amanah)," bebernya.

 Yang jelas, Fachrori menegaskan, dia mencari menginginkan pasangan yang pintar cerdas dan berakhlak baik. "Punya perangai positif. Nanti kalau orangnya bisa begitu akan saya ambil. Saya tunjuk orangnya," katanya.

Seperti diketahui, sejumlah nama sudah beredar dan digadang gadangkan masuk dalam nominasi untuk mengisi posisi Wagub Jambi. Dari PAN mencuat nama Ketua DPW PAN H Bakri, istri almarhum Zulkifli Nurdin; Ratu Munawwaroh, Wakil Bupati Muarojambi Bambang Bayu Suseno, mantan Bupati Merangin H Nalim, dan Bupati Tanjab Timur Romi Hariyanto.

Belakangan,  DPD PAN Sarolangun scera terangan terangan mengusulkan nama H Madel sebagai kandidat mengisi posisi Wagub Jambi. Bahkan, Ketua DPD PAN Sarolangun, Hermi mengatakan pengusulan nama Madel sebagai pendamping Fachrori sudah disampaikan ke DPW PAN Provinsi Jambi.

Menurut dia, DPD PAN Sarolangun menilai H Madel sangat tepat untuk mendampingi Fachrori Umar. Selain berpengalaman di birokrasi, Madel juga dinilai bisa merangkul berbagai kalangan dan paham masalah masalah yang dihadapi Provinsi Jambi.

Menurut Hermi, Gubernur Jambi Fachori Umar tidak bisa sendiri memimpin Provinsi Jambi untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi saat ini. "Usulan bapak Madel sebagai wakil gubernur Jambi mendamping pak Fachrori sudah kita sampaikan ke DPW PAN Provinsi," katanya, akhir Maret lalu.

"Saya yakin bapak Madel adalah sosok yang tepat mendampingi pak Gubernur Jambi. Karena beliau kan juga orang birokrasi. Disamping itu beliau juga pernah menjabat bupati Sarolangun," katanya lagi.

Sementara, M. Madel saat dikonfirmasi ketika itu mengatakan selalu siap mengemban amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh PAN Sarolangun tersebut. "Apa pun ketentuan yang akan dibuat oleh partai koalisi nanti, kita selalu siap menjalankannya," tegasnya.

 Sekarang, pengisian posisi wagub tersebut tergantung kepada partai koalisi pengusung pasangan Zumi Zola-Fachrori pada Pilgub Jambi 2015 lalu. Yaitu PAN, PKB, Nasdem, Hanura dan PPP. Sebelumnya, paratai koalisisi belum satu suara soal mengusung nama kandidat pendamping Fachrori, karena masih fokus pada Pileg dan pilpres.

Kini, pemilu serentak sudah selesai. Sudah sepatutnya partai koalisi segera membahas nama posisi wagub. Dari penilaian  sejumlah pengamat politik di Jambi, dari nama nama yang sudah beredar, Ratu Munawwaroh dan H Nalim dinilai paling pas mendampingi Fachrori. Termasuk H Madel sebagai kuda hitam yang patut dipertimbangkan.

Selain berpengalaman di birokrasi, ketiganya dinilai juga paham dengan masalah Jambi. Sementara nama lain, seperti H Bakri dinilai lebih pantas berkiprah ditingkat nasional. Apalagi ketua DPW PAN Jambi itu juga lolos ke senayan untuk ketiga kalinya. Lalu, BBS dan Romi Haryanto kini masih menjabat sebagai wakil Bupati Muarojambi dan Bupati Tanjab Timur. Keduanya juga dinilai masih muda dan perlu banyak pengalaman untuk naik kelas ke Provinsi Jambi.

Disamping itu, bisa juga kandidat dari luar PAN. Ada nama Agus Roni ketua DPW Nasdem Provinsi Jambi. Dengan gagalnya melaju ke senayan, Agus Roni  berpeluang diusung mendampingi Fachrori. (isw/kum)

 





BERITA BERIKUTNYA
loading...