Pengajuan Wagub, Dewan Beri Batas Waktu Parpol Koalisi

Selasa, 14 Mei 2019 | 13:09:36 WIB

(IST/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi memberi batas waktu selama 22 hari ke partai  koalisi Fachrori untuk menentukan calon wakil Gubernur (Wagub) Jambi.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston mengatakan DPRD akan segera memberikan surat ke pada partai koalisi Zola Fachrori agar segera mengusung nama calon Wagub.

"Minggu depan kita akan layangkan surat ke partai pengusungnya (red, Zola Fachrori)," katanya, Selasa (15/5/2019).

Setelah di lakukan pengirman  surat DPRD memberi tentang waktu selama kurun waktu 22 hari dari surat tersebut diberikan ke partai koalisi.

"Kita akan menunggu selama 22 hari proses dia untuk mengajukan dua orang kandidat untuk wakil Gubernur,"jelasnya.

Apabila selama 22 hari tersebut, partai koalisi, tidak mengajukan nama wagub ke DPRD untuk mendampingi Fachrori memimpin Jambi. Maka secara otomatis Fachrori menjadi pemimpin Jambi tunggal tanpa wakil.

"Lewat dari tanggal (red, 22 hari setelah penyuratan) yang ditentukan," ungkapnya.

Adanya wagub nanti diharapkan kerja Gubernur Jambi, Fachrori Umar akan lebih ringan dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan hingga 2021.

"Ya mudah-mudahan proses ini akan segera berjalan dan mempermudah tugas-tugas Gubernur, karena sudah ada wakilnya itu harapan kita,"bebernya.

Nama wagub tersebut harus diterima dewan paling lambat bulan Juni mendatang. "Iya (red, Juni) harus sudah ada wakil Gubernur," ucapnya.

Cornelis meminta kepada partai koalisi untuk tidak mempersulit pembahasan nama wagub. Sehingga nama tersebut segera diserahkan ke Dewan dan dapat segera dilantik.

"Kita menunggu dan kebiasaan ini yang membuat lambat itu dari partai pengusung, mereka tarik menarik ya mereka kepentingan semua dan kita kasih waktu 22 hari dan kalau memang tidak diajukan dalam 22 hari maka hangus,"tandasnya  (isw)





BERITA BERIKUTNYA
loading...