FASHA SERAHKAN DANA ZAKAT INFAQ SEDEKAH BAZNAS KE 5.000 MUSTAHIQ

Jumat, 24 Mei 2019 | 00:18:26 WIB

(Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBI- Walikota Jambi Syarif  Fasha menyerahkan dana zakat, infaq, shadaqah Baznas Kota Jambi tahun 1440 Hijriah/2019  Secara Simbolis di Aula kantor Kemenag Kota Jambi, Kamis (23/5). Dalam kesempatan itu turut dihadiri oleh Kakan Kemenag Kota Jambi dan Ketua Baznas Kota Jambi.  

Walikota Jambi Sayrif Fasha dalam sambutannya mengatakan bahwa  penyaluran zakat tersebut dapat membantu pemerintah dalam mewujudkan pembangunan ekonomi masyarakat Kota Jambi.

"Ini membantu peran serta Pemerintah Daerah untuk mewujudkan kesejahteraan pembangunan ekonomi masyarakat-masyarakat di Kota Jambi," ujarnya.

Fasha juga mengatakan bahwa pemberian mustahiq untuk hari raya sebanyak 5 ribu Mustahiq yang telah dianggarakan oleh Baznas.

"Kita memberikan mustahiq itu untuk hari raya ini lebih kurang ada 5 ribu musatahiq yang kita berikan dianggarkan di Baznas,"ujarnya.

Kata dia, Baznas juga memberikan bantuan bedah rumah, bantuan bencana alam, bantuan kepada musafir dan anak yatim, bantuan SPP untuk siswa-siswa yang tidak mampu disekolah swasta baik SD, SMP dan SMA.

Selain itu juga ada  bantuan kesehatan bagi masyarakat yang dirujuk dan tidak mampu untuk membantu tiket dan sebagainya. Adapun rincian program mustahiq untuk dilingkungan OPD, sebanyak 1.591 orang dengan jumlah dana Rp477.300.000. Mustahiq di Kelurahan dan Kecamatan se-Kota Jambi sebanyak 1.266 orang dengan jumlah dana Rp379.800.000. Mustahiq sekolah sebanyak 405 orang dengan jumlah dana Rp121.500.000. Mustahiq petugas harian lepas se-Kota Jambi sebanyak 1.000 orang dengan jumlah dana Rp300.000.000. Mustahiq UPTD pendidikan sebanyak 738 orang dengan jumlah dana Rp221.400.000. Mustahiq dilingkungan kantor Kemenag Kota Jambi sebanyak 700 orang.

Kata Fasha, total zakat yang disalurkan Baznas kota itu mencapai Rp1,5 miliar. Zakat tersebut merupakan zakat yang diterima dari para muzaki (orang yang dikenai kewajiban membayar zakat), munfiq dan mushodiq.

Kata dia, pihaknya telah mengeluarkan instruksi yang dituangkan dalam instruksi Walikota  Jambi Nomor 03 Tahun 2018 Tentang Kewajiban Menunaikan Zakat Profesi kepada seluruh ASN di kota Jambi yang penghasilannya telah mencapai nisab atau batas terendah mengeluarkan zakat.

Bagi ASN dengan penghasilan sebesar Rp3,542 juta per bulan maka diwajibkan membayar zakat profesi sebesar 2,5 persen dari jumlah penghasilannya.

“Selain kepada ASN kami juga menghimbau kepada masyarakat lainnya, jika penghasilannya telah mencapai nisab agar dapat membayar zakat ke Baznas,” kata Fasha.

Kakan Kemenag Kota Jambi, Rusli mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap agar bantuan ini dapat bermanfaat bagi penerima. Selain itu juga dimasa mendatang kegiatan ini dapat terus dilakukan dengan jumlah yang lebih besar lagi.

Sementara itu Ketua Baznas Kota Jambi Syamsir Naim berharap nantinya seluruh OPD se-Kota Jambi dapat menyetorkan zakatnya ke Badan Amil Zakat Nasional Kota Jambi.

"Sehingga terkumpul dana zakat yang besar yang mampu untuk membantu program pemerintah dalam rangka mengurangi angka kemiskinan," ujarnya. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...