Daya Tampung Lebih Kurang 6 Ribu

Pengumuman !! PPDB Dimulai Awal Juli 2019

Selasa, 11 Juni 2019 | 05:08:07 WIB

(Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN di Kota Jambi tahun 2019 akan dilangsungkan pada pekan pertama Juli mendatang. Sistemnya masih sama dengan tahun sbelumnya, persentase 90 persen diambil dari zonasi.

Kasi Kurikulim SMP Dinas Pendidikan Kota Jambi, Bambang ketika dikonfirmasi mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan draf penetapan zonasi. Nantinya draf tersebut akan disampaikan ke Walikota Jambi Syarif Fasha untuk di SK kan.

“Penyusuanan draf zonazinya sudah final. Tinggal kita ajukan ke Walikota. Zonasi tahun ini ada refisi dari tahun sebelumnya,” kata Bambang, kemarin.

Lebih lanjut Bambang menyebutkan, kemungkinan PPDB SMPN di Kota Jambi berlangung pada minggu pertama Juli mendatang. Aturannya tetap seperti tahun sebelumnya. 

“Zonasi 90 persen, prestasi 5 persen dan pejabat serta aparatur negara yang pindah tugas 5 persen,” imbuhnya.

Bambang mengungkapkan, untuk kuota PPDB pada 2019 ini hampir sama dengan tahun sebelumnya, yakni lebih kurang 6 ribu daya tampung untuk SMPN.

“Tapi kita ada penambahan 30 RKB untuk SMPN, kemungkinan kuotanya bertambah,” ujarnya.

Kata Bambang, untuk satu SMPN kemungkinan bisa menampung siswa dari 6 kelurahan, namun hal tersebut bisa berkurang, tergantung luas wilayah.

“SMPN kita ada 25,” sebutnya.

Lanjut Bambang, lulusan SD dan MI pada 2019 ini ada sekita 11 ribu siswa. Memang untuk semuanya masuk pada sekolah negri tidak memungkinkan. Di Kota Jambi sebut Bambang banyak sekolah swasta yang juga sudah di gratiskan. Hal itulah yang membantu siswa yang tidak tertampung pada sekolah negeri.

“Swasta kito jugo sudah banyk gratis,” pungkasnya. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...