Pimpin Apel dan Minta ASN Langsung Tancap Gas Realisasikan Program Kerja

Canggih, Wali Kota Jambi Sidak Kehadiran ASN dari Ruang City Operation Center

Selasa, 11 Juni 2019 | 05:09:57 WIB

(Ali Ahmadi/Jambione.com)

JAMBI - Hari pertama masuk kerja, Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME langsung pimpin Apel Peningkatan Disiplin ASN Pemkot Jambi, yang dilaksanakan di lapangan utama kantor Wali Kota Jambi, Senin pagi, (10/6).

Apel tersebut turut pula dihadiri oleh Wakil Wali Kota Dr. dr. H. Maulana, MKM, Sekda Kota Jambi Ir. H. Budidaya, M.For. Sc, jajaran pejabat utama Pemkot Jambi dan ASN dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Jambi. 

Dalam amanatnya, Wali Kota Fasha mengajak seluruh ASN Pemkot untuk mengakselerasi langkah dan kinerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masing, dalam melaksanakan program dan kegiatan yang menjadi tanggung jawab OPD masing-masing.

"Ramadan telah usai, libur hari raya Idul Fitri juga telah berakhir, kini saatnya untuk kita semua kembali fokus pada target dan mempercepat langkah-langkah dalam merealisasikan program kegiatan yang menjadi tanggung jawab dan tupoksi kita masing-masing. Masyarakat menunggu hasil karya dan kinerja kita," ujar Wali Kota Syarif Fasha.

Apel yang dilaksanakan pagi itu, juga dirangkai dengan halal-bihalal seluruh jajaran Pemkot Jambi bersama Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jambi. Tampak seluruh peserta upacara mengantri bersalaman bersama orang nomor satu di Kota Jambi tersebut.

Usai melaksanakan apel, Wali Kota Syarif Fasha didampingi Wawako Maulana, Sekda Budidaya, Asisten Sekda, Inspektur Kota Jambi, dan Kepala BKPSDMD Kota Jambi, melakukan inspeksi atas kehadiran ASN Pemkot Jambi diseluruh OPD. 

Namun yang tampak berbeda dan terbilang unik kali ini adalah kegaiatan sidak dilakukan melalui ruang kendali Jambi City Operation Center (JCOC). Sebagai kota yang masuk 25 daerah "pilot project" percontohan implementasi "smart city" di Indonesia, Kota Jambi tampaknya benar-benar ingin membuktikan eksistensinya dalam pemanfaatan efektifitas teknologi informasi dan ruang "command center" yang telah ada dan menjadi kebanggaan Pemkot Jambi tersebut.

Dalam inspeksi secara online tersebut, Fasha melakukannya dengan metode "video conference" dengan OPD-OPD acara acak, khususnya OPD pelaksana pelayanan publik, guna melihat secara langsung tingkat kehadiran dan mengkonfirmasi ASN yang terdata dalam database sistem absensi online Pemkot.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Fasha juga memanfaatkan sidak tersebut untuk berdialog secara interaktif dengan masyarakat yang dibeberapa OPD pelayanan Pemkot, terkait dengan pelayanan publik yang mulai efektif dilaksanakan hari pertama masuk kerja tersebut.

Kepada sejumlah awak media, Wali Kota Fasha mengungkapkan, sidak yang dilakukannya itu merupakan bentuk kesungguhan Pemkot Jambi dalam menata disiplin ASN Pemkot dan mengoptimalkan pemanfaatan IT dalam mendukung upayanya tersebut.

"Tahun ini kita laksanakan sidak dengan cara yang berbeda, yaitu melalui JCOC (Jambi City Operation Center-red). Ini adalah bentuk keseriusan kita dalam memanfaatkan IT dalam mendukung dan mengoptimalkan efektivitas kinerja Pemkot Jambi, baik dalam hal kedisiplinan dan aspek lainnya. Tadi kita lihat bahwa tingkat kehadiran cukup baik dan akurat, karena kita crosscheck sendiri data yang masuk di aplikasi kepegawaian dengan data dilapangan. Ini sangat efektif dilaksanakan, karena tidak perlu memakan waktu untuk kami berkeliling ke seluruh OPD, sehingga kami bisa langsung melaksanakan tugas lainnya dihari pertama masuk kerja ini," pungkas Wali Kota Jambi dua periode itu. 

Dari hasil sidak diketahui Jumlah ASN Wajib Absen 3.410 orang, Tanpa Keterangan 30 orang, Cuti karena alasan penting 20 Orang, Cuti Bersalin 13 Orang, Cuti Besar 2 Orang, Cuti diluar TN  tidak ada, Cuti Sakit 29 orang, Cuti Tahunan tidak ada. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...