Pemkot Jambi Adakan Fit And Proper Tes Calon Lurah

Kamis, 27 Juni 2019 | 11:03:25 WIB

(Ali/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI - Pemerintah Kota Jambi melakukan fit and proper test terhadap puluhan ASN Kota Jambi untuk menjadi kepala kelurahan, di Aula BKPSDMD Kota Jambi kemarin (26/6). Puluhan peserta tersebut juga langsung di tes dari Walikota Jambi Syarif Fasha. Mereka yang lolos tes akhir itu akan dijadikan kepala kelurahan cadangan.

Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan, tes terkahir tersebut langsung dilakukan oleh dirinya. Para peserta dinilai dari penampilan, cara bicara, dan cara mengambil keputusan.

“Terkahir, saya melihat penampilannya seperti apa, cara berbicara di depan orang banyak seperti apa, cara mengambil keputusan sesuatu yang penting seperti apa, keputusan tidak penting, keputusan yang petingnya sedang juga seperti apa. Itu yang saya lihat,” kata Fasha, kepada sejumlah wartawan, kemarin (26/6).

Selain itu sebut Fasha, dirinya juga melihat hubungan para calon kepala kelurahan dengan masing-masing keluarganya, dan hubungan kerja.

Lebih lanjut Fasha menyebutkan, pihaknya mengundang lebih dari 20 calon kepala kelurahan yang lolos dari seleksi sebelumnya.

“Nanti kan ada seleksi baperjakat. Hasilnya ada beberapa kepala kelurahan yang akan dilakukan penyegaran nantinya. Jumlahnya bisa 1, bisa 2, bahkan bisa 20,” imbuh Fasha.

Hasil fit and proper test ini sebut Fasha, untuk dijadikan stok lurah.

"Nanti kalau ada penyegaran, mutasi, stoknya sudah siap,” sebutnya.

Lanjut Fasha, materi yang diberikan pada para calon kepala kelurahan ini beragam, diantaranya masalah pelayanan, masalah trantibmas dan masalah perizinan.

“Materi tes tersebut langsung diberikan oleh sejumlah kepala OPD terkait. Yang sudah di tes tadi (kemarin, red) peluangnya besar untuk menjadi lurah. Tapi tidak semuanya,” tutur Fasha.

Sebelumnya kata Fasha, juga  ada sejumlah calon kepala kelurahan yang dilakukan fit and proper test.

“Pada Februari lalu juga sudah dilakukan fit and proper test. Ada beberapa sudah kita angkat menjadi lurah, beberapa juga belum,” pungkasnya. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...