Fachrori ‘Gantung’ Koalisi, Belum Juga Tentukan Jadwal Pertemuan Soal Cawagub

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 06:13:00 WIB

()

JAMBI – Hingga Jumat (23/8) kemarin, Gubernur Jambi Fachrori  belum juga menemui partai koalisi, PAN, PKB, Hanura dan PBB. Padahal sebelumnya, pertemuan untuk membahas pengajuan dua nama calon wakil gubernur (Cawagub) itu dijadwalkan 20 Agustus. Namun, gubernur membatalkannya dengan alasan kelelahan  banyak kegiatan. 

            Kemudian, pertemuan itu akan diagendakan kembali. Namun, hingga kemarin Gubernur Fachrori belum juga menentukan jadwal pertemuan tersebut. Mencermati kondisi ini banyak pihak menilai Gubernur Fachrori sepertinya sengaja ‘menggantung’ koalisi yang dimotori PAN. 

            Sementara itu, di kubu parpol koalisi pengusung Zumi Zola-Fachrori Umar menggelar pertemuan di DPW PAN Provinsi Jambi, Jumat (23/8). Kabarnya, pertemuan yang digelar secara tertutup itu salah satunya membahas rencana pertemuan dengan gubernur.  Hadir dalam pertemuan itu Ketua DPW PBB Provinsi Jambi, Yulius Nur, Sekretaris DPD Hanura Provinsi Jambi, Budimansyah, dan Sekretaris DPW PKB Provinsi, Tadjudin Hasan.

            Usai pertemuan sekitar pukul 11.30 WIB, Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, H Bakri mengatakan, pihaknya memang sengaja mengundang parpol Koalisi dalam rangka HUT PAN. 
Dia menyampaikan, dalam pertemuan itu pihaknya mengevaluasi tahapan pengusulan calon wagub pendamping Fachrori. 
            "Kita mengevaluasi. Kita menyatakan bahwa koalisi masih ada. Kita berharap yang dijanjikan sekitar tanggal 20 an Agustus ini (pertemuan dengan Gubernur) bisa terealisasi," katanya. 
            Menurut Bakri, parpol Koalisi sudah mencoba menghubungi Pemprov Jambi untuk menentukan jadwal pertemuan dengan Gubernur Jambi. Ditanya bagaimana komunikasi dengan NasDem yang juga masuk dalam parpol koalisi, Bakri mengatakan, parpol koalisi lain yang tergabung dalam koalisi tersebut ternyata sering berkomunikasi dengan NasDem. 
            Kabar terakhir yang dia terima, sampai saat ini Gubernur masih mau mempunyai wakil. 
"Yang jelas sampai sekarang belum ada pernyataan resmi dari Gubernur bahwa dia menerima atau menolak dua nama yang diusulkan. Makanya mau dilakukan pertemuan agar dikomunikasikan dengan pak Gubernur," tandasnya.
            Dalam acara HUT PAN ini juga dihadiri oleh politisi senior Khairul Naim yang menjabat sebagai Ketua Majelis Pembina Partai. Dalam sambutannya, Khairul Naim menginginkan PAN tetap mengusung kader untuk dimajukan dalam Pilgub mendatang. Dia tidak ingin PAN hanya sebagai penonton ataupun hanya akan mengusung orang nomor 2. "Kita tetap ingin PAN mengusung kader sebagai cagub, tidak nomor 2 ataupun hanya penonton," tegasnya.
            Khairul Naim mengatakan, mulai dari era Reformasi, PAN selalu menempatkan kadernya sebagai Gubernur Jambi. Terbukti dengan pembentukan awal Zulkifli Nurdin mampu jadi Gubernur 2 periode dan dilanjutkan dengan Zumi Zola. "Jadi tahun ini kita juga harus usung. Kita ada H. Bakri untuk bisa diusung," sebutnya.
            Dari pernyataan Ketua MPP PAN itu, H Bakri mengucapkan terima kasih atas dukungan dari semua pihak terhadap hal itu. Yang jelas ini akan jadi bahan pertimbangan kedepan. "Insya Allah," ujarnya.(fey) 

--

 





BERITA BERIKUTNYA
loading...