Rayakan HUT Ke-74 RI, Penyandang Disabilitas Muaro Jambi Gelar Lomba dan Terima Bantuan

Minggu, 25 Agustus 2019 | 09:55:50 WIB

(Indrawan/Jambione.com)

SENGETI-Semarak memperingati hari kemerdekaan Indonesia masih diselenggarakan masyarakat dengan berbagai cara. Sebagaimana yang dilakukan penyandang disabilitas kabupaten Muaro Jambi pada hari Sabtu (24/8/2019). Sekitar seratus penyandang disabilitas yang tergabung dalam berbagai organisasi disabilitas di Muaro Jambi berkumpul di sekretariat NPC Muaro Jambi, jalan lintas timur Sengeti. Mereka mengadakan bermacam perlombaan dan menerima bantuan dari pemerintah.

Penyandang disabilitas yang berasal dari National Paralympic Committee (NPC) Muaro Jambi, Special Olympics Indonesia (SOIna), Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI), Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin), Forum Komunikasi Keluarga Anak dengan Kecacatan (FKKADK), dan Forum Komunikasi Keluarga Anak Spesial Indonesia (Forkasi) ini terlihat bersemangat dan bergembira mengikuti perlombaan. 

Berbagai lomba yang digelar untuk para penyandang disabilitas dan keluarganya ini di antaranya lomba tarik tambang, balap karung, makan kerupuk, memasukkan paku ke dalam botol, make up dengan mata tertutup dan mewarnai.

Sebelum memulai perlombaan, panitia menyerahkan bantuan dari pemerintah melalui Dinas Sosial Kabupaten Muaro Jambi berupa 7 buah kursi roda, 2 buah kruk, dan 4 buah alat bantu kepada penyandang tunadaksa dan tunarungu.

Penyandang disabilitas penerima bantuan merasa sangat bersyukur dan senang mendapatkan alat bantu kedisabilitasan ini. Seperti yang diungkapkan Kamaludin, tunadaksa yang mendapatkan bantuan kursi roda. "Saya selama ini sangat kesulitan kalau mau beraktifitas, karena kaki saya lumpuh. Dengan bantuan kursi ini saya bersyukur karena dapat membantu memudahkan saya melakukan kegiatan sehari-hari,"ujar Kamaludin.

Menurut ketua panitia, Arif Amirul Mukminin, kegiatan lomba dan penyerahan bantuan ini selain memperingati kemerdekaan Indonesia juga sebagai ajang sosialisasi hak-hak penyandang disabilitas kepada masyarakat. "Kami ingin masyarakat lebih memahami bahwa penyandang disabilitas di Muaro Jambi ini keberadaannya ada dan memiliki kesempatan yang sama dengan masyarakat umumnya,"utur Arif di sela-sela kegiatan.(tya)





BERITA BERIKUTNYA
loading...