PAN Siapkan H Bakri di Pilgub, Khairul Naim: Belum Ada Sejarahnya PAN Hanya Sebagai Penonton

Senin, 26 Agustus 2019 | 05:45:26 WIB

(ist/Jambione.com)

JAMBI- Sinyal Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Jambi, H Bakri maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2020 mendatang semakin menguat. Apalagi, belum lama ini Bakri sudah mendapatkan dorongan dari Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) saat menyambangi Jambi.
            Untuk bisa mengusungkan calon, partai berlambang matahari biru itu sudah punya modal 7 kursi di DPD Provinsi Jambi berdasarkan hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 17 April kemarin. 
Itu artinya, partai besutan Zulkifli Hasan ini tinggal mencari 4 kursi tambahan dengan berkoalisi bersama partai lainnya. Jika itu berjalan mulus, syarat 20 persen atau 11 kursi sudah terpenuhi.
            Ketua Majelis Pembina Partai, Khairul Naim, menegaskan PAN harus mengusung kader untuk dimajukan dalam Pilgub mendatang. Malahan dia menegaskan bahwa tidak ada sejarahnya PAN hanya sebagai penonton atau hanya mengusung orang nomor 2. "Kita tetap ingin PAN mengusung kader sebagai cagub. Tidak nomor 2, apalagi hanya sebagai penonton," katanya saat menghadiri acara HUT PAN di DPW PAN Provinsi Jambi,  Jum'at (23/8) lalu.
            Di hadapan seluruh kader PAN, Khairul Naim mengatakan mulai dari era Reformasi, PAN selalu menempatkan kadernya sebagai Gubernur Jambi. Terbukti dengan pembentukan awal Zulkifli Nurdin mampu jadi Gubernur 2 periode dan dilanjutkan dengan Zumi Zola. "Jadi tahun ini kita juga harus usung. Kita ada H. Bakri untuk bisa diusung," sebutnya.
            H. Bakri saat dimintai tanggapannya terkait sikapnya maju atau tidak pada kontestasi politik paling bergengsi di Provinsi Jambi ini masih menjawab dinamis. "Pertimbangannya banyak. Saya belum berani menyatakan siap atau tidak. Kita lihat situasi dan kondisi nanti," katanya.
            Dia pun mengaku sudah mendapatkan dorongan dari pihak DPP maupun kader internal yang meminta dirinya untuk maju di Pilgub Jambi 2020. "Sekali maju harus menang, maka harus mempertimbangkan banyak hal. Jangan hanya meramaikan saja," ujarnya.
            Politisi senior PAN ini pun mengaku tak masalah harus melepaskan jabatan sebagai anggota DPR RI jika harus maju di pesta demokrasi lima tahunan ini. "Kalau Saya maju, tentu tidak akan mempertimbangkan yang begitu. Sekali layar terkembang pantang surut mundur ke belakang," tegasnya.
            Sekretaris DPW PAN Provinsi Jambi, Ahmad Khusaini tidak menampik ada peluang kader internal. Apalagi partainya secara internal berkeinginan kembali memunculkan kader.
“Kita punyak banyak kader potensial. Pak Bakri punya kapasitas untuk diposisi itu,” katanya belum lama ini.
            Menurutnya, ada beberapa ketentuan kandidat dari internal partai. Mereka harus memiliki pengalaman, popularitas dan elektabilitas yang sudah mumpuni. “Anggota DPR RI diprioritaskan untuk maju di Pilgub yang akan datang,” pungkasnya.(fey)





BERITA BERIKUTNYA
loading...