Bupati Cek Endra Ikut Padamkan Api

Kamis, 12 September 2019 | 19:21:24 WIB

(Paradil Iwel/Jambione.com)

SAROLANGUN- Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di kabupaten Sarolangun terus terjadi. Kali ini Karhutla terjadi di sebuah lahan yang berada di RT 22 Kelurahan Aur Gading kecamatan Sarolangun, tepatnya di belakang LP Sarolangun dan di Desa Sungai Abang Kecamatan Sarolangun.

Akibat Karhutla tersebut, Bupati Sarolangun H.Cek Endra lansung turun meninjau titik api dan membantu tim Karhutla Sarolangun memadamkan api, Kamis (12/9) kemarin.

Imformasi yang didapat, Karhutla yang terjadi di Kelurahan Aur Gading tersebut sudah memasuki hari ketiga, yang mana tim Karhutla Sarolangun diantaranya BPBD, Damkar, Manggala Agni dan TNI serta Polri sampai saat ini terus standby dilokasi untuk  berusaha memadam dan mencari titik api yang di khawatirkan  akan hidup kembali akibat hembusan angin dan cuaca panas.

" Kita sedang berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi permasalah karhutla yang ada saat ini. Dengan alat yang digunakan saat ini setidaknya bisa memperlambat penyebaran api," ujar Bupati H.Cek Endra, usai melakukan pemadaman api, Kamis (12/9) kemarin.

Menurut Cek Endra, Karhutla yang terjadi Kelurahan Aur Gading dan desa Sungai Abang  merupakan lahan sawit, dan saat ini sudah mencapai sekitar 3 hektar lebih.

"Untuk saat ini sudah sekitar tiga hektar lebih yang terbakar. Yang terbakar itu Lahan sawit," terangnya.

Dengan kondisi saat ini, Cek Endra menghimbau agar masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Disamping itu, bupati juga meminta agar masyarakat untuk selalu mengawasi serta menjaga lahannya masing-masing dari api

"Kalau sudah terbakar seperti tadi yang ada hanya rugi, maka dari itu Lebih baik mencegah dari pada menunggu tim untuk memadamkan api," pungkasnya. (wel)





BERITA BERIKUTNYA
loading...