Ratusan Petugas Damkar Kerinci Belum Terima Honor

Selasa, 08 Oktober 2019 | 05:49:40 WIB

(ist/Jambione.com)

KERINCI - Ratusan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kerinci mengeluh. Hingga kemarin mereka belum menerima gaji selama 6 bulan. Padahal mereka harus bekerja bertaruh nyawa berjibaku memadamkan api jikia ada kebakaran.
            Keluhan ini diungkapkan sejumlah petugas Damkar kepada wartawan, Senin (7/10) kemarin. "Sudah hampir 6 bulan gaji kami tak diberikan,"ungkap salah seorang petugas yang minta namanya dirahasiakan.
            Meskipun gaji tidak terlalu besar, tapi mereka sangat membutuhkannya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Selain belum mendapatkan bayaran, dia mengaku honor petugas Damkar juga dikurangi. Sebelumnya honor sebesar Rp 1 juta. Tapi sekarang kabarnya turun menjadi Rp 500 ribu.
            "Kami tidak bisa menyampaikan aspirasi secara terbuka. Karena salah sedikit pasti kami langsung dipecat. Apalagi sampai ketahuan mempertanyakan honor," katanya.
            Menurut petugas Damkar ini, ada sekitar 400 anggota Damkar di Kerinci. 360 orang diantaranya gajinya dianggarkan dari APBD. "Kami punya anak, punya keluarga di rumah Pak. Mohon agar hak kami segera dibayarkan. Karena kami sudah menjalankan kewajiban kami," ucap petugas Damkar lainnya.
            Sementara itu, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kerinci, Amir Syam saat dikonfirmasi membenarkan gaji petugas Damkar belum dibayar. "Benar, hanya saja yang belum dibayar sekitar 4 Bulan," ujarnya.
            Menurut Amir Syam, kemungkinan gaji Petugas Damkar tersebut akan dibayar pada bulan Oktober ini. Keterlambatan tersebut disebabkan gaji mereka dianggarkan di APBD-P. "Saat ini masih dalam proses administrasi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini semua bisa cair,"pungkasnya. (sau)

 





BERITA BERIKUTNYA
loading...