Kasihan, Diusianya yang Seabad Datuk Nancik Kehilangan Tempat Tinggal

Minggu, 20 Oktober 2019 | 11:33:22 WIB

(Raden Samsir/Jambione.com)

SENGETI - Malang Nasib Datuk Nancik (115) dan Rokiah, pasangan suami istri warga Desa Nyogan Kecamatan Mestong Kabupaten Murojambi ini. Di usianya yang sudah lebih dari satu abad, Datuk Nancik harus mengalami musibah yang sungguh tak pernah terbayangkan sebelumnya. Rumah panggung miliknya yang dibangun dengan tetes keringat di RT 03 Dusun Silapik Desa Nyogan habis dilalap api. Kini rumah panggung tersebut rata dengan tanah dan hanya menyisakan puing-puing saja. 

Kebakaran terjadi pada Selasa (15/10) yang lalu sekira pukul 11.00 WIB. Api pertama kali muncul dari atas bangunan dan diduga diswbabkan hubungan arus pendek listrik. Rumah panggung milik Datuk Nangcik yang terbuat dari papan turut membuat api kian cepat menjalar dan membesar. Beruntung, Datuk Nangcik dan cucunya tidak turut menjadi korban dan berhasil selamatkan warga.

"Dakdo yang tersisa hanya sehelai baju di badan. Alhamdulillahnyo, Ayah samo anak yang ado di dalam rumah biso diselamatkan warga," kata Bahtiar anak Datuk Nangcik Minggu (20/10/19).

Saat ini Datuk Nangcik tak lagi punya tempat tinggal. Ia terpaksa menumpang di rumah anaknya tak jauh dari lokasi kebakaran. Keluarga ini sangat butuh bantuan dan perhatian baik dari Pemerintah Kabupaten Muarojambi maupun dari para Dermawan untuk meringankan beban mereka dan  membangun kembali rumah yang hangus dilalap api. Ia hanya mendapat bantuan seadanya dari warga dan tetangga sekitar.

"Iya tentu kami berharap sekali ada bantuan atau perhatian dari Pemkab untuk meringankan musibah yang menimpa keluarga kami ini," sebut Bahtiar.

Terpisah, Muhammad Asrul Kepala Desa Nyogan membenarkan kejadian kebakaran rumah yang menimpa warganya tersebut. Kejadian ini pun sudah dilaporkannya ke Pemerintah Kecamatan Mestong. Kades mengaku memang sampai dengan saat ini belum ada bantuan dari pemerintah yang diberikan ke Datuk Nangcik hanya bantuan seadanya dari warga sekitar.

"Sudah kita laporkan ke kecamatan. Mudah-mudahan bantuan dari Pemda bisa segera turun untuk membantu meringankan beban warga kita ini," kata Kades singkat. (wil)





BERITA BERIKUTNYA
loading...