Ribuan Botol Miras dan Rokok Ilegal Disita Bea Cukai.

Selasa, 05 November 2019 | 07:17:27 WIB

()
JAMBI – Tim Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea Cukai Jambi berhasil mengamankan  peredaran minuman keras (miras) sebanyak 2.748 tidak 
minuman mengandung etil alkohol (MMEA)  Golongan B dan Golongan C dan Hasil Pengolahan Tembakau Lainnya (HPTL) 54.800 batang Merek Iquos Heets dari tiga lokasi yakni di Jelutung, Simpang Acai, dan di Belakang Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi.
 
Humas Bea Cukai Jambi Dani mengatakan penangkapan tersebut dilakukan dari tiga lokasi yang berbeda."Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas, total 2.748 botol MMEA Golongan B dan Golongan C berbagai merek serta 54.800 batang HPTL Merek Iquos Heets yang tidak dilekati pita cukai berhasil diamankan,"katanya, Senin (4/11/2019)
 
Dini menyebutkan penangkapan tersebut di backup dengan Tim Resmob Polda Jambi. Penangkapan itu dilakukan pada Sabtu 2 November 2019 mendatang."Kemudian tim melakukan penggeledahan di ruko ruko yang dituju,"sebutnya.
 
Miras dan rokok Ilegal tersebut jika ditaksir mencapai Rp. 835.543.000,- dengan total potensi kerugian negara mencapai Rp. 424.000.000,-."Kita akan dalami lebih lanjut bukan hanya kerugian negara tapi hal hal yang lainnya juga,"ujarnya.
 
 
Untuk kepentingan penyelidikan barang bukti dan tiga orang terduga pemilik miras dan rokok ilegal berinisial A,I dan J tersebut periksa intensif. "Tersangka dan barang bukti kita bawa ke Kantor Bea Cukai Jambi,"ucapnya.
 
Dalam kasus ini diduga telah terjadi pelanggaran Pasal 54 dan/atau Pasal 56 UU. No. 39 Tahun 2007 tentang Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 1995 tentang cukai. 
 
Untuk diketahui di tiga gudang tersebut terdapat miras dari berbagai merek yang siap di edarkan ke berbagai wilayah di Jambi. Informasi yang diperoleh Jambi one dari pengrebekan tersebut ditemukan puluhan kardus miras dan Rokok Ilegal dari berbagai jenis. 
 
Miras tersebut diantaranya Johnnie Walker Black Label ukuran 200 Mili liter (ML). Biasanya miras jenis ini di jika dengan harga berkisar Rp 482 ribu hingga Rp 1.215 ribu. Black Label diketahui memiliki kadar alkohol mencapai 43 persen.
 
Selain Johnnie Walker  Black Label ada beberapa jenis minuman lainnya yang belum diketahui merek dan kadarnya. Ada yang berwana merah dengan botol sedikit bulat, ada yang warna hijau botolnya dan ada juga warna ke hitam kehitaman. 
 
Miras tersebut diketahui di masukkan ke dalam kardus kardus rokok yang bermerek seperti clash mild dan jenis lainnya yang di susun secara rapi dan tertumpuk. Miras tersebut diduga tidak memiliki pita cukai yang membuat miras tersebut di larang beredar (isw)




BERITA BERIKUTNYA
loading...