Disisih PKS, Usman Incar Dukungan PKB

Fasha Mulai Survei Calon Wakil

Kamis, 07 November 2019 | 08:02:48 WIB

(Khusnizar/Jambione.com)

JAMBI - Meski belum satupun yang mengantongi dukungan parpol, namun sejumlah bakal calon gubernur (Balongub) Jambi sudah mulai melakukan survei nama-nama yang berpotensi dijadikan wakil di Pilgub 2020 tahun depan. Syarif Fasha salah satunya.

Wali Kota Jambi dua periode ini sudah mengumpulkan sejumlah nama yang mencuat dan mendaftar di penjaringan partai untuk disurvei sebagai calon wakilnya. Bahkan beberapa nama lain juga masuk dalam radar orang nomor satu di Kota Jambi ini untuk dijadikan pasangannya.

Hal ini diungkapkan oleh tim pemenangan Sy Fasha H. A. Rahman saat mengembalikan formulir penjaringan bakal calon (balon) gubernur Jambi ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rabu  (06/11). Menurut Rahman, saat ini pihaknya sedang melakukan survei siapa wakil yang pas untuk Fasha dalam berkompetisi di hajatan lima tahunan mendatang.

"Survei sudah mulai jalan. Semua kandidat kita survei. Sesuai kata pak Fasha, dia akan memasang beberapa orang. Siapa posisi yang bagus itu yang digandeng," ungkapnya.

Lalu siapa saja kandidat yang disurvei? Rahman menyebutkan nama-nama yang saat ini muncul dan ikut mendaftar di penjaringan disurvei semua sebagai wakil. "Ada dengan Al Haris, AJB, Safrial, Sukandar, Abdullah Sani, semuanya dipasang. Nanti hasilnya kita lihat. Mudah-mudahan di awal Desember hasilnya sudah bisa diketahui," katanya.

Namun, lanjut Rahman, jika aturan anggota dewan bisa cuti jika mencalonkan diri berlaku, maka peta politiknya akan berubah. Termasuk dalam memilih wakil.

Sebelumnya, bakal calon gubernur petahana Fachrori Umar juga sudah melakukan survei. Tak tanggung-tanggung, orang nomor satu di Provinsi Jambi ini sudah mengantongi 9 nama calon wakilnya yang saat ini tengah disurvei. Hal ini diungkapkan oleh Miftahul Ikhlas selaku tim keluarga Fachrori Umar beberapa waktu lalu.

"Masih menunggu hasil survei, ada sembilan orang, yang saat ini masih disurvei," katanya. Para  calon wakil ini pun dari kalangan yang berbeda-beda. Mulai dari politisi, Bupati aktif hingga tokoh masyarakat. "Ada Bupati aktif, politikus, juga dari akademisi. Untuk tokoh masyarakat ada tiga orang yang disurvei," sebutnya.

Mereka diantaranya, Syafrial, Usman Ermulan, Abdullah Sani, Al Haris, Cek Endra dan juga Ramli Taha dan Asyafri Jaya Bakri (AJB) dan nama lainnya. Lalu kapan hasil surveinya diketahui? "Akhir Desember nanti hasilnya sudah diketahui," kata pria yang biasa dipanggil Paul ini.

Di bagian lain, Usman Ermulan tidak patah semangat, meski namanya tersingkir dari persaingan perebutan perahu PKS. Mantan Bupati Tanjab Barat ini tetap ngotot maju di Pilgub nanti. Saat ini, Usman Ermulan mengincar dukungan partai lainnya, salah satunya PKB yang memiliki 5 kursi di DPRD Provinsi Jambi.

Padahal sebelumnya, Usman sempat sesumbar tidak akan mendaftar di partai lain karena tidak ingin mengkhianati PKS yang juga memiliki 5 kursi di parlemen. Saat ditemui mengembalikan formulir penjaringan balongub di DPW PKB, Usman mengatakan sudah mendaftar di tiga partai di luar PKS. Yakni PPP, Berkarya, dan PKB. Dia beralasan mendaftar ke partai lain karena PKS hanya punya 5 kursi di parlemen. Tidak cukup untuk mencalonkan.

Selain itu, ia juga menegaskan bukan hanya siap untuk Cawagub, namun Cagub pun siap. "Makanya harus cukup 11 kursi. PKS ada 5 ditambah PKB juga 5, ada Berkarya 1 jadi cukup," kata kader PKS ini.

Disinggung soal namanya tak dimasukan dalam persaingan perebutan dukungan PKS, Usman menyebutkan yang dilakukan PKS itu bukan mencoret namanya, tetapi menyisihkan. Yang tersisa itu adalah calon gubernur.

"Kan yang wakil belum dikeluarkan. Itu karena kita dipasangkan sebagai wakil. Bagaimana jika nanti partai lain mendukung untuk menjadi calon gubernur? Ngapain kita sebagai wakil. Karena kami juga siap maju sebagai calon gubernur," tegasnya.(fey)





BERITA BERIKUTNYA
loading...