Maulana : Generasi Muda Harus Tangguh dan Berprestasi

Pemkot Peringati Hari Pahlawan

Minggu, 10 November 2019 | 19:52:06 WIB

(Ali Ahmadi/Jambione.com)

Jambi - Memperingati hari pahlawan yang jatuh pada 10 November, Pemkot Jambi melaksanakan upacara bendera sebagai wujud bentuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Jambi, Maulana menjadi inspektur upcara.

Upacara yang dilaksanakan Minggu (10/11) pagi di Halaman Kantor Wali Kota Jambi, tampak diikuti oleh seluruh jajaran ASN Pemkot Jambi. Selain itu juga tampak diikuti oleh para veteran dan perwakilan pelajar dari beberapa sekolah yang ada di Kota Jambi.

Sebagai tanda mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan, dibunyikan sirene selama beberapa saat. Begitu juga dengan pembacaan teks pancasila dan UUD 1945.

"Ini untuk mengingati peristiwa perang sebagai salah satu sejarah merebut kemerdekaan Indonesia. Di mana pejuang tak menyerah untuk merebut kembali kemerdekaan ibu pertiwi. Ini tak mudah, butuh usaha, semangat, dan keseriusan. Ini perlu ditanami juga sejak dini mengingat pengorbanan para pahlawan," sebut Maulana.

Bertemakan Aku Pahlawan Masa Kini, Maulana menegaskan bahwa para penerus bangsa juga dapat menjadi pahlawan, yakni pahlawan di bidangnya masing-masing dengan meraih prestasi demi kemajuan pembangunan di Kota Jambi. Terutama bagi kaum milenial.

"Anak muda kaum milenial harus berinovasi, berubah menyesuaikan perkembangan zaman terutama di revolusi industri 4.0 ini," jelas Maulana usai acara.

Selain itu juga diminta harus aktif di dunia digital, artifisial intelijen dan lain-lain yang berkaitan dengan revolusi industri 4.0 harus lah disikapi dan harus mengembangkan kreativitasnya.

"Bisa mengharumkan nama Kota Jambi, nama Provinsi Jambi di Indonesia dengan cara kreativitas dan inovasi yang sangat baik, terutama yang berkaitan dengan tantangan zaman saat ini," tegas Maulana.

Sementara itu, terhadap veteran, tambah Maulana, pemkot Jambi sangat memperhatikan. Katanya Pemkot Jambi sejak lama dan setiap waktu selalu berupaya untuk memperhatikan para veteran.

"Para pejuang dan orangtua kita, terutama khususnya di hari pahlawan ini kita undang, kita jemput kemudian diberikan tali asih sebagai penghargaan kita, penghormatan kita, kita ajak makan bersama." Jelasnya.

Namun di luar itu, lanjut Maulana banyak sekali program-program yang pro terhadap para veteran dan lansia secara umum. Sebab sejauh ini Wali Kota Jambi telah dikelompokkan sebagai tokoh nasional peduli Lansia.

"Kita akan mengembangkan graha lansia di Talang Banjar. Di situ adalah pusat pengembangan para lansia termasuk juga veteran di dalamnya, pahlawan kita untuk berolahraga bersama, kegiatan keagamaan bersama," Sebutnya.

Selain itu, bagi yang masih produktif akan diberikan bantuan modal keterampilan dan lain sebagainya. Karena dikatakan Maulana harus bisa menghormati para pahlawan yang sudah berjuang dengan tetesan darah, keringat dan air mata. "Khusus di kota Jambi para pahlawannya sangat dapat perhatian," pungkas Maulana. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...