Perkenalkan Al Haris Sebagai Calon Gubernur

HBA Mulai Turun Gunung

Senin, 11 November 2019 | 06:58:18 WIB

(Khusnizar/Jambione.com)

JAMBI- Anggota DPR RI Hasan Basri Agus (HBA) memastikan dirinya tidak akan maju di Pemilihan Gubernur (pilgub) Jambi 2020 tahun depan. Namun, mantan Gubernur Jambi itu sudah memberi sinyal arah dukungannya kepada Al Haris. Memang selama ini HBA diketahui punya ikatan keluarga dengan Al Haris.

Karena itu, HBA seperti akan All out memenangkan Al Haris. Minggu (10/11) kemarin, misalnya. Anggota Komisi V DPR RI itu turun gunung membawa serta Bupati Merangin Al Haris menghadiri perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Pondok Pesantren (Ponpes) Daaru Attauhiid, di Jl.Jambi-Suak Kandis Km 6, Kumpeh, Muarojambi .

Dalam sambutannya, HBA memperkenalkan jika acara tersebut dihadiri oleh Bupati Merangin Al Haris yang juga bakal calon gubernur Jambi mendatang. "Kalau saya tidak maju lagi. Kami mengabdi di Senayan saja, biar lah yang muda yang maju untuk gubernur Jambi mendatang," katanya.

Selain Al Haris, kata HBA, juga ada calon calon lain yang akan maju. Namun tidak disebutkan oleh HBA. "Kami tidak bisa sebutkan satu satu," ujarnya. Acara sendiri dihadiri ribuan Santri Santriwati pondok pesantern Daaru Attauhid yang dipimpin oleh Ustaz H Solahudin Asargawi.

Kemunculan HBA bersama Al Haris tersebut, tentu menambah kekuatan tersendiri bagi Al Haris menuju Pilgub nanti. Namun apakah hal itu bisa memberi pengaruh signifikan? Waktu yang akan menentukan.

Pengamat politik dari Unja, Dony Yusra Pebrianto menilai momen tersebut setidaknya menjadi suatu titik terang bahwa HBA tidak akan maju pada Pilgub Jambi. Walapun kini tengah mewacana anggota DPR tidak perlu mundur jika berkeinginan maju di Pilkada.

"Hal ini juga menjadi sinyal dukungan HBA mengarah kepada Haris pada Pilgub mendatang. Tentunya tantangan besar pula dukungan partai untuk Haris menunggu di depan mata," katanya.

Dalam perpolitikan Jambi, lanjut Dony, peran tokoh 'turun gunung' tentu menjadi perbincangan hangat dalam setiap Pilkada di Jambi. Seperti pada Pilgub lalu dengan keberadaan Alm. Zulkifli Nurdin pada saat itu. "Keberadaan HBA disamping Haris tentu menjadi angin segar bagi Haris mengingat ketokohan HBA akan berpengaruh terhadap elaktabilitas Haris ke depan," jelasnya.

Namun lanjut dia, bukan berarti haris sudah harus berlega hati. ketokohan HBA tersebut harus dilihat apakah loyalisnya turut serta di dalamnya. Karena keberadaan loyalis HBA yang sangat tersebar, terutama pada berbagai partai politik.

Yang kedua kata dia, posisi Haris pada Pilgub mendatang, sebagai orang nomor 1 atau malah orang nomor 2, juga akan sangat berpengaruh terhadap keberadaan gerbong terhadap lokomotif tersebut. "Kecuali Haris juga berpasangan dengan pilihan dukungan yang telah dijatuhkan hatinya oleh para loyalis HBA," sebutnya.

Disamping itu sambungnya, ada percaturan besar juga bagi HBA yang saat ini duduk sebagai anggota DPR RI dari partai Golkar. Apakah haris mendapat perahu Golkar atau jangan-jangan HBA memberi sinyal jika Haris akan diusung Golkar atau bisa jadi berpasangan dengan calon yang diusung Golkar.

"Mengingat Pilkada ini dalam satu paket, all out nya HBA juga akan sangat berpengaruh terhadap Haris mendapat dukungan parpol mana, apalagi dengan posisi HBA di Golkar peran HBA pasti akan sangat sentral pada kampanye calon yang diusung Golkar di Jambi nantinya," tandasnya.

FU Rayu Gerindra Dengan Program Pro Rakyat

Di bagian lain, Gubernur Jambi Fachrori Umar mengembalikanj formulir pendaftaran calon gubernur ke DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi, Minggu (11/11) kemarin. Fachrori tiba sekitar pukul 15.00 dan langsung disambut dengan kalungan bunga oleh Ketua DPD Gerindra Provinsi Jambi Sutan Adil Hendra (SAH). Ia ditemani sejumlah tim terlihat ada Idham Kholid, Miftahul Iklas dan puluhan tim lainnya.

Ketua Wanhat Nasdem langsung menggelar pertemuan tertutup dengan Ketua DPD Gerindra Provinsi Jambi di ruangan. Sementara tim Fachrori menunggu di aula. Sekitar 30 menit Fachrori berada di ruangan SAH sebelum masuk ke Aula yang menjadi ruangan penyerahan berkas penjaringan. Belum diketahui apa yang menjadi perbincangan kedua politisi ini.

Dalam penyampaian visi dan misinya, Fachrori mengatakan jika dirinya siap maju di Pilgub Jambi setelah banyak masyarakat yang menanyakan dan memintanya maju kembali. Menurutnya, keinginannya maju karena ingin menuntaskan seluruh program kesejahtraan rakyat.

"Kami ingin Jambi dikenal, terbuka dengan pembaharuan, Jambi punya nilai lebih. Ini dimulai dengan membangun kepercayaan. Tentu kami setahun ini mewujudkan Visi Jambi tuntas 2021," katanya.

Dalam visi dan misinya,  Fachrori mengusung kemajuan SDM sebagai misi utama. "Makanya, mari bersama menuntaskan seluruh pekerjaan, menuntaskan program. Makanya ayo Partai Gerindra, kita rancang bersama program pro rakyat sesuai dengan visi dan misi Gerindra mewujudkan Indonesia adil dan makmur," katanya.

 Sementara itu, Ketua DPD Gerindra Provinsi Jambi, Sutan Adil Hendra (SAH) mengatakan, partainya memiliki mekanisme dalam menentukan arah dukungan yakni salah satunya survei.
"Setelah survei, karena kita ingin menentukan pemimpin yang diinginkan rakyat dan menyayangi rakyat. Indikator itu semua adalah setelah kita lakukan survei," katanya.(fey)





BERITA BERIKUTNYA
loading...