Sinergitas IWO Batanghari dan Pemkab, Ketua PWI : Bagus

Senin, 11 November 2019 | 17:08:02 WIB

(Kholil/Jambione.cok)

BATANGHARI - Sekda Kabupaten Batanghari H. Bakhtiar SP, hadiri sekaligus buka secara resmi Seminar Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Batanghari, Senin (11/11/2019) pagi. Seminar dengan tema Peran Media Online Terhadap Pembangunan Daerah dalam Rangka HUT Ke 71 Kabupaten Batanghari, dihadiri berbagai elemen. 

Dalam sambutan, Sekda mengatakan peran media online sangatlah penting bagi semua instansi pemerintah dan  masyarakat luas. Dalam menjalankan roda pemerintah insan Pers punya peran untuk mempublikasikan setiap kegiatan - kegiatan pemerintahan khususnya Kabupaten Batanghari.

"Bukan pemerintah tapi masyarakat juga bisa menyampaikan aspirasi melalui insan pers dan juga sebaliknya masyarakat bisa mendapat informasi secara cepat, akurat dan terpercaya," katanya. 

Bakhtiar juga berpesan kepada insan pers, agar dalam menyampaikan informasi kepada publik tidak menyimpang dari koridor yang telah di tentukan, agar para pembaca benar benar mendapatkan informasi yang akurat.

"Intinya jangan menyebar berita hoak, sampaikan melalui karya tulis insan pers apa yang sudah menjadi aspirasi masyarakat ataupun pemberitahuan pemerintah terhadap masyarakat luas," sambung sekda.

"Selamat dan sukses untuk IWO Kabupaten Batanghari atas kegiatan yang telah dilakukan dan ini merupakan gebrakan pertama yang telah dilakukan insan pers," katanya. 

Semoga kedepannya nanti IWO bisa membuat terobosan baru dan bersinergi dengan Pemda Batanghari dalam melaksanakan pembangunan daerah. 

Acara tersebut dihadiri Oleh para kepala OPD, LSM, OKP seperti Pemuda Pancasila dan Laskar Merah Putih. 

Perwakilan Mahasiswa dari HMI, BEM STIE Graha Karya serta undangan lainnya. 

Ketua IWO Batanghari, Supan Sopian mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak pada acara ini. Ia berharap, peranan media dalam pembangunan dan sinergi para pewarta di IWO, PWI dan AJI dapat terus terjaga.

Acara yang berlangsung di Ruang Pola Besar Kantor Bupati Batanghari berlangsung semarak. Terlebih dalam sesi diskusi. 

Narasumber dari Ketua IWO Provinsi Jambi, Nurul Fahmi, Sekretaris AJI Jambi, Heri dan Ketua PWI Provinsi, Ridwan Agus bergantian menjawab pertanyaan yang dipandu Rustam, Kepala Bappeda Batanghari. Neneng Sawitri, dari HMI menanyakan peranan pers dalam literasi dan edukasi pada masyarakat. 

Ketua IWO Provinsi menjawab, secara tidak langsung pers sebenarnya mengedukasi dan literasi. Fahmi merujuk pula pada kolom opini pada media cetak dan kini di media online atau daring. 

"Dalam pekerjaannya, wartawan dan media secara tidak langsung mengedukasi masyarakat," katanya. 

Fahmi juga menjawab pertanyaan dari tokoh adat, Rasid soal karakter wartawan. Rasid berharap jurnalis dapat memiliki etika dan beradat. 

"Soal sandal jepit, sebenarnya tidak etis untuk wartawan liputan terlebih pada acara formal. Tidak bisa dipungkiri, ada oknum yang begitu. Namun sebagian, wartawan memiliki karakter, etika dan beradat. Kami mengucapkan terima kasih atas masukannya," katanya. 

Ketua PWI Provinsi Jambi, Ridwan Agus mengapresiasi kegiatan ini. Bilangnya, ini menunjukkan adanya sinergitas pemerintah dan wartawan. 

"Bagus. Ada sinergitas. Saya terima kasih pada bupati, telah menyediakan fasilitas, tempat untuk seminar ini. Tetapi, untuk ke depan lagi, untuk lebih ditingkatkan," katanya. 

Rilis IWO Provinsi Jambi

Ketua : Nurul Fahmi





BERITA BERIKUTNYA
loading...