Hari ini, Zola, Asrul dan Erwan Malik Beri Kesaksian

Selasa, 12 November 2019 | 06:09:10 WIB

()

JAMBI – Mantan Gubernur Jambi Zumi Zola akan dihadirkan jaksa KPK sebagai saksi dalam sidang lanjutan perkara suap pengesahan RAPBD Provinsi Jambi 2017-2018 dengan terdakwa Joe Fandy Yoesman alias Asiang, di Pengadilan Tipikot Jambi, hari ini, Selasa (12/11).   

Selain Zola, jaksa juga menghadirkan teman dekatnya Asrul Pandapotan Sihotang. 

Jaksa KPK Iskandar Marwoto mengatakan pihaknya akan menghadirkan enam saksi pada sidang hari ini. Selain Zola dan Asrul, pihaknya juga menghadir mantan Plt Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik. Lalu, tiga mantan anggota dewan, Zainal Abidin, Effendi Hatta dan Muhammadiyah.

"Besok pagi (hari ini) Insyallah kita datangkan pak Zumi Zola dan yang lainnya sebagai saksi,"katanya saat ditemui di pengadilan Tipikor Jambi usai melimpahkan berkas perkara tiga tersangka lainnya, Zainal Abidin, Effendi Hatta dan Muhammadiyah.

Informasinya, Zola akan dibawa jaksa KPK dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Suka Miskin, Bandung ke Jambi dengan pengawalan ketat. Dia diterbangkan ke Jambi menggunakan pasawat Lion Air pada penerbangan pagi. 

Pada persidangan hari ini, keterangan Zola akan dikonfrontir dengan teman dekatnya Asrul Padepotan Sihotang dan Erwan Malik terkait pencarian uang Rp 5 Miliar yang dipinjam Arfan dari Asiang untuk dibagikan kepada anggota DPRD Provinsi Jambi. Pada sidang sebelumnya, Arfan mengaku diperintah oleh Plt Sekda Erwan Malik mencari uang Rp 5 M untuk menyuap dewan.

Erwan malik sendiri pada sidang sediang sebelumnya mengaku diperintahkan Zola dan diketahui oleh Asrul untuk mencari uang yang akan diberikan kepada anggota dewan agar pengesahan RAPBD berjalan mulus. Keterangan ketiganya sangat dmenarik disimak dalam sidang hari ini. 

Terpisah kuasa hukum Asiang, Muhammad Farizi saat dikonfirmasi sore kemarin mengaku baru tahu satu nama yang akan manjadi saksi di persidangan kliennya. "Saya baru tahu satu, yang akan dihadirkan. Yaitu mantan Plt Sekda Provinsi Jambi pak Erwan Malik," katanya Senin (11/11)

Di bagian lain, berkas tiga anggota DPRD Jambi yang menjadi tersangka kasus korupsi suap APBD Jambi 2018 dilimpahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi(Tipikor) Jambi, Senin (11/11) siang. Bersama berkas tersebut, jaksa juga menyerahkan ketiga tersangka, Efendi Hatta, Muhamadiyah, dan Zainal Abidin ke Pengadilan Tipikor Jambi untuk segera disidangkan.

Jaksa KPK Iskandar Marwoto mengatakan, kemungkinan perisidangan ketiga tersangka dilakukan pada pekan depan. "Nanti kita tunggu ketua Pengadilan menunjuk Majelis hakim. Setelah itu baru keluar jadwal sidangnya,"katanya.

Zainal, Effendi dan Muhammadiyah didakwa jaksa dengan pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana. (isw)





BERITA BERIKUTNYA
loading...