Isu stunting dan JKN jadi Fokus Pemerintah Tingkatkan SDM

Selasa, 12 November 2019 | 13:26:07 WIB

(Wiwik/Jambione.com)

JAMBIONE.COM, JAMBI-Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 55, Dinas Kesehatan Provinsi Jambi mengadakan upacara peringatan, Selasa (12/11). 

M

Tema hari kesehatan Nasional kali ini mengangkat tema Generasi Sehat Indonesia Unggul. Tema ini diangkat sebagai bentuk perhatian pemerintah dalam memprioritaskan peningkatan sumber daya manusia. 

Sedikitnya, ada dua isu kesehatan yang jadi fokus pemerintah terkait, yakni membangun sumber daya manusia yang berkualitas, yaitu mengenai stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi M Dianto yang bertindak selaku inspektur upacara, membacakan amanat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, terkait hal tersebut.  

"Ada 2 isu kesehatan nasional yang harus diatasi yaitu tingginya harga obat dan tingginya harga alat kesehatan menjadi fokus perhatian bersama untuk membangun sumber daya manusia," katanya.

Selama kurun waktu 5 tahun, pemerintah telah mampu menurunkan angka stunting sebesar 10 pesen. Meningkatnya angka harapan hidup ibu dan anak, menurunnya angka indeks TB, serta berhasil mengendalikan penyakit menular. Namun keberhasilan ini tidak  serta merta membuat pemerintah puas diri. Masih banyak permasalahan kesehatan yang menjadi  masalah serius untuk dihadapi pemerintah. 

"Kita masih dihadapkan pada masalah penting, seperti jaminan kesehatan nasional serta penyedia layanan kesehatan dasar masyarakat," tambahnya.

Kendati demikian, pemerintah tetap responsif untuk memecahkan permasalahan tersebut dengan mengadakan program-program kesehatan unggulan serta memperjuangkan tiga pilar pembangunan kesehatan, yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya jaminan kesehatan nasional.

"Kita mengusung kegiatan promotif dan preventif melalui program unggulan seperti germas (gerakan masyarakat sehat), program Indonesia sehat dan nusantara sehat," tambahnya.

Dalam peringatan tersebut Dinas Kesehatan Provinsi Jambi juga memberikan penghargaan kepada para pelaku kesehatan di seluruh kabupaten/kota  di Jambi. Seperti penghargaan PHBS tingkat kota dan desa, penghargaan puskesmas berprestasi, penghargaan dokter teladan, penghargaan bidan teladan, dan banyak lagi.(cr2)





BERITA BERIKUTNYA
loading...