DPN APPI Cabut Sejumlah SK DPW APPI Yang Tidak Aktif

Sabtu, 14 Desember 2019 | 21:46:12 WIB

()

BALI -- Pengurus Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Pengacara Pengadaan Indonesia (APPI) menyampaikan laporan kepada seluruh peserta Rapat Pimpinan Nasional (RAPIMNAS) dan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Tahun 2019 di Denpasar, Bali bahwa DPN APPI telah mencabut beberapa Surat Keputusan Pengesahan DPW APPI yang selama ini dinilai tidak aktif dalam melaksanakan Program Kerja APPI . Beberapa DPW APPI yang telah dicabut SK Kepengurusannya yaitu: DPW APPI Sumatera Selatan, DPW APPI Banten, DPW APPI Jawa Barat, DPW APPI Jawa Tengah, dan DPW APPI Sulawesi Utara.

Sabela Gayo, S.H.,M.H.,Ph.D.,CPL.,CPCLE.,ACIArbmengatakan ke lima DPW APPI tersebut secara resmi sudah dicabut SK-nya oleh Pengurus DPN APPI disebabkan karena kurang aktifnya DPW APPI yang bersangkutan dalam menyusun dan melaksanakan Program – Program Kerja DPW, tidak adanya laporan berkala yang disampaikan kepada Pengurus DPN APPI dan bahkan ada beberapa DPW APPI yang kepengurusannya sudah dilantik namun sampai saat pencabutan SK DPW APPI masih ada anggota Pengurus DPW yang belum mengikuti Pendidikan dan Pelatihan APPI.

Padahal Pendidikan dan Pelatihan APPI bersifat wajib bagi semua anggota yang menjadi Pengurus DPN/DPW/DPC APPI. Tanpa pernah mengikuti Diklat APPI maka seorang Advokat/Pengacara tidak akan bisa menjadi anggota APPI dan tidak akan bisa menjadi Pengurus DPW/DPC APPI. 

Semua ketentuan tersebut diatur di dalam Peraturan APPI dan Key Performance Indicator (KPI) APPI.

Walaupun untuk beberapa daerah tertentu yang masih kekurangan Advokat/Pengacara Pengadaan boleh memasukkan Advokat/Pengacara umum untuk menjadi Pengurus DPW tetapi paling lambat tiga bulan sejak Pelantikan yang bersangkutan wajib mengikuti Pendidikan dan Pelatihan APPI.

Dengan telah dicabutnya SK DPW APPI tersebut diatas, maka yang bersangkutan tidak lagi berhak untuk menjalankan roda organisasi APPI dengan mengatasnamakan Asosiasi Pengacara Pengadaan Indonesia (APPI). Oleh karena itu DPN APPI mendorong agar semua DPW APPI dapat aktif dalam melaksanakan program – program kerja yang bermanfaat bagi anggota APPI dan stakeholders Pengadaan Barang/Jasa lainnya.

Namun demikian, Pengurus DPN APPI juga telah menunjuk caretaker/pemegang mandat baru di masing – masing Provinsi tersebut agar dapat membentuk kepengurusan DPW APPI yang baru sekaligus melaksanakan Pelantikan Pengurus DPW APPI yang baru di masing – masing provinsi tersebut. Upaya tersebut dilakukan agar keberlanjutan program – program kerja APPI di masing – masing Provinsi tersebut dapat terus berlanjut dengan baik (*/*)





BERITA BERIKUTNYA
loading...