DLH Mulai Intensifkan Pemeliharaan Pohon Tua

300 Pohon Dilakukan Perampingan

Kamis, 26 Maret 2020 | 09:55:02 WIB

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, Ardi
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, Ardi (Ist/Jambione.com)

Jambione.com, JAMBI-Pemerintah Kota Jambi mengintensifkan pemeliharaan pohon-pohon tua agar tidak roboh di musim penghujan. “Dimusim penghujan seperti saat ini rawan cuaca ekstrim yang dapat menyebabkan pohon-pohon tumbang,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi, Ardi di Jambi, kemarin.

Pemeliharaan pohon-pohon tua yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Jambi tersebut berupa penebangan pohon yang telah lapuk dan pemotongan dahan-dahan pohon yang telah rapuh. Selain menghindari terjadinya kecelakaan/roboh, pemeliharaan tersebut bertujuan untuk mendapatkan tajuk pohon yang baik dan kokoh, sehingga tidak patah jika diterjang angin kencang.

Keberadaan pohon-pohon di tengah-tengah Kota Jambi tersebut selain memperindah dan menambah estetika kota, juga befungsi menyumbangkan oksigen untuk masyarakat Kota Jambi.

Di awal tahun 2020, Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi telah melakukan pemeliharaan terhadap 300 lebih pohon-pohon tua yang berada di kawasan Jalan Agus Salim, Jalan Juanda dan Jalan Sumantri Brojonegoro.
“Di Kota Jambi yang tercatat dalam buku induk ada sekitar 2000 pohon, pohon-pohon tersebut secara rutin dilakukan pemeliharaan,” kata Ardi.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi turut menghimbau masyarakat untuk tidak menebang pohon secara sembarangan. Terlebih pohon-pohon yang telah di inventarisir dan tercatat dalam bukuk induk. Berdasarkan undang-undang yang berlaku, menebang pohon secara sembarangan dapat di denda, terutama terhadap pohon-pohon yang dilindungi.

Selain itu, Ardi turut menghimbau masyarakat agar masyarakat dapat melaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup jika terdapat pohon tua yang telah rapuh. Sehingga pohon-pohon tersebut tidak tumbang dan merusak fasilitas umum dan rumah-rumah warga.

“Pemeliharaan ini dilakukan secara rutin dan bertahap, karena petugas yang kita miliki terbatas,” kata Ardi.(ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...