Tanggap Cepat, Sejumlah Fasilitas Umum Disinfektan

Kamis, 26 Maret 2020 | 10:00:02 WIB

Gunakan pengeras suara, Sat-Pol PP Sarolangun keliling kota Sarolangun melakukan Sosial Distancing Covid-19.
Gunakan pengeras suara, Sat-Pol PP Sarolangun keliling kota Sarolangun melakukan Sosial Distancing Covid-19. (Iwel/Jambione.com)

Jambione.com, SAROLANGUN-Persoalan penangan pencegahan penyebaran wabah virus Corona atau Covid-19 sudah tidak bisa dianggap enteng lagi oleh masyarakat Sarolangun. Meskipun saat ini belum ada masyarakat Sarolangun yang tertular atau positif terkena wabah Corona, namun wabah tersebut sudah masuk ke wilayah Provinsi Jambi dengan jumlah pasien positive Covid-19 satu orang.

Antisipasi kondisi tersebut, Bupati Sarolangun meminta kepada seluruh element masyarakat untuk bersama-sama mematuhi himbauan pemerintah untuk tidak berpergian atau stay at home. Tidak hanya itu saja, Bupati juga telah mengintruksikan kepada Satpol PP Sarolangun untuk melakukan social distancing Covid-19 dan melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah Fasilitas Umum (Fasmum).

Kasat Pol PP kabupaten Sarolangun, Riduan mengatakan bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan dan sosial distancing dilakukan di kecamatan Sarolangun selaku kotanya kabupaten Sarolangun.

"Tadi kita sudah melakukan penyemprotan disinfektan disejumlah fasilitas umum, area pasar, kegiatan ini dibantu oleh anggota TNI, Polri, pihak kecamatan dan kelurahan pasar Sarolangun. Selain Ini adalah instruksi pak bupati, tapi ini adalah tugas kita bersama agar masalah ini cepat berlalu dan masyarakat di kabupaten kita tidak ada yant tertular, itu adalah harapan kita,” kata Riduan, Rabu (25/3) kemarin.
Sejumlah fasmum yang dilakukan penyemprotan disinfektan adalah tempat yang dianggap ada potensi munculnya virus Covid-19.

"Untuk lokasi penyemprotan disinfektan yang tadi kita lakukan yakni pasar atas Sarolangun, simpang empat Kota Sarolangun, terminal angkutan desa, Laman Basamo dan jalan dalam kota," jelasnya.

Selain penyemprotan disinfektan, pihaknya langsung menghimbau menggunakan pengeras suara agar masyarakat Sarolangun untuk banyak diam dirumah serta membagikan selebaran terkait pencegahan penularan covid-19.

Dalam himbauan dan selebaran tersebut, masyarakat diminta untuk tidak melakukan kegiatan/aktifitas di luar rumah terkecuali urusan yang sangat penting, menunda kegiatan yang sifatnya melibatkan banyak orang, tetap dan selalu menjaga jarak dengan orang lain.

Selain itu masyarakat diminta tidak keluar rumah atau melakukan perjalanan keluar daerah, menghindari tempat-tempat yang berpotensi adanya penularan Virus, membiasakan pola hidup bersih, sehat, rajin cuci tangan, makan makanan yang bergizi dan rajin berolahraga.

"Kepada orang tua yang memiliki anak usia sekolah agar mengawasi anak-anaknya untuk tetap berada di dalam rumah. Jika mengetahui bila ada yang teridentifikasi virus corona, segera laporkan kepada pejabat RT lingkungan terdekat atau Puskesmas terdekat," himbaunya.(wel)





BERITA BERIKUTNYA
loading...