Survei Gerindra Beri Kejutan, Fachrori Teratas di 4 Kabupaten

Kamis, 26 Maret 2020 | 10:03:55 WIB

(Ist/Jambione.com)

Jambione.com, JAMBI - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Jambi merampungkan survei internal. Hasilnya cukup mengejutkan. Posisi petahana Fachrori Umar kian menguat. Angka elektabilitasnya menyodok ke 16,21 persen.

Fachrori mengungguli sejumlah kandidat lain, seperti Cek Endra (15,11 Persen) dan Al Haris (14,18 Persen). Sementara, elektabilitas Fachrori hanya terpaut 1 persen dari Syarif Fasha. Dari survei partai komando itu, elektabilitas Fasha berada di angka 18,7 persen.

Gerindra melibatkan Landmark Survey Indonesia untuk melakukan riset dan pemetaan elektoral bakal calon kepala daerah di Provinsi Jambi itu. Survei digelar 1-15 Februari 2020 dan melibatkan 2.455 responden dengan margin of error 1,8 persen.
Miftahul Ikhlas, Ketua Tim Keluarga Fachrori Umar, mengaku sudah menerima salinan hasil survei partai komando tersebut.

Dari data, kata Paul--begitu ia akrab disapa--, terlihat angka elektabilitas Fachrori Umar sangat membahagiakan. Tak seburuk gembar-gembor berbagai lembaga survei selama ini.

Padahal, lanjut Paul, Fachrori satu-satunya kandidat yang belum membentuk tim, belum melakukan sosialisasi secara masif.

Menurut Paul, tingkat akurasi survei Gerindra itu di atas 95 persen. Riset juga memetakan elektabilitas Pilgub, yang hanya melibatkan 4 kandidat. Posisi Fachrori, kata Paul,  juga cukup meyakinkan dengan angka elektabilitas mencapai 22,74 Persen.
“Jauh meninggalkan Haris dan CE yang berada di angka 20 dan 21 persen,”ujarnya. Sementara Fasha berada di 25 persen.

Survey menunjukkan, Fachrori sangat dominan di Bungo (44,79 persen). Angka elektabilitas sang petahana itu juga meyakinkan di berbagai daerah, seperti Tanjung Jabung Barat (37,17 persen), Tanjab Timur dan Tebo (36 persen) dan Kerinci berikut Batanghari (23 persen).

“Dari simulasi, duet Fachrori-Safrial berada di posisi 32,67 persen. Angka yang sangat luar biasa,”katanya.

Paul mengaku, hasil survei ini akan menjadi acuan tim untuk bergerak dan merancang strategi. Ia haqqulyakin, petahana Fachrori Umar akan kembali menjadi Gubernur pada periode berikut.

“Kita sudah mempersiapkan gerakan. Kalau tim sudah bergerak, angka elektabilitas calon kita insyaallah akan berada di posisi satu,”ujarnya.

"Dari survei menunjukkan, Fachrori menguasai basis terbesar dan terbanyak. Menguasai 4 kabupaten,"imbuh Paul.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan Partai Gerindra Noviardi Ferzi mengatakan, Gerindra hanya menyampaikan hasil saja. Yang melakukan survei adalah lembaga lain yang ditunjuk internal. “Gerindra hanya mencoba menyampaikan hasilnya. Semua calon kita kasih laporan surveinya,” katanya saat dihubungi melalui pesan Whats App.

Lalu apakah sudah ada keputusan dari Gerindra, siapa yang akan diusung? “Wah itu ranah DPP. Yang jelas kita mengusulkan semua nama ke DPP. Tanpa terkecuali,” pungkasnya.

Bendahara DPD Gerindra Provinsi Jambi, Muhammad Yasir mengatakan, jika hasil survey tersebut sudah diserahkan ke kandidat Bacagub Fachrori Umar.

Ia juga mengatakan, dalam survei tersebut dari kabupaten dan kota, petahana unggul di 4 kabupaten. Yakni Kabupaten Bungo, Tebo, Tanjabbar dan Tanjabtim.

"Mungkin karena disandingkan dengan Pak Safrial, jadi 4 kabupaten tersebut adalah basis mereka," katanya.

Lalu bagaimana dengan arah dukungan Gerindra? Yasir mengatakan jika survei tersebut baru tahap awal dalam proses penentuan dukungan. "Ini baru tahap awal, masih ada tahapan lain. Intinya Gerindra akan mengusung kandidat yang benar-benar untuk kesejahteraan masyarakat Provinsi Jambi," tandasnya.(fey)





BERITA BERIKUTNYA
loading...