Di Tengah Wabah Corona, Kandidat Sosialisasi Via Medsos

Kamis, 26 Maret 2020 | 10:05:02 WIB

(Ist/Jambione.com)

Jambione.com, JAMBI- Merebaknya virus Corona atau Covid-19,  membuat berbagai aktivitas di masyarakat terganggu. Termasuk aktivitas para kandidat bakal calon gubernur (Balongub) dan tim sukses (timses) jelang perhelatan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 23 September mendatang.

Para kandidat terpaksa menghentikan sementara kegiatan sosialisasi  ke tengah masyarakat. Karena para kandidat yang akan bertarung ini merupakan kepala daerah aktif. Mereka harus konsen menangani masalah covid 19. Selain itu aktivitas sosial di kerumunan orang banyak hingga saat ini memang dilarang.

Meski demikian, bukan berarti mereka menghentikan total kegiatan sosialisasi. Tapi çara dan medianya saja yang disesuaikan dengan kondisi.  Bakal calon Gubernur Jambi Sy Fasha misalnya. Orang nomor satu di Kota Jambi ini mulai mengerem sosialisasi di Pilgub Jambi di tengah wabah virus corona saat ini.

Ketua Tim Pemenangan Sy Fasha, A. Rahman, mengatakan, timnya untuk saat ini bersama calon tidak lagi menggunakan sistem sosialisasi dengan mengumpulkan massa. Pihaknya akan taat kepada anjuran pemerintah untuk tidak dulu berkumpul.

"Kalau sosialisasi model lain tetap kita jalani seperti lewat media sosial dan media online," katanya saat dikonfirmasi.

Dia juga mengaku, jika Walikota Jambi aktif tersebut tengah disibukan dengan menjalankan roda pemerintahan ditengah merebaknya virus mematikan tersebut.

"Walikota sedang sibuk menangani dan mencegah virus tersebut, agak tidak menimbulkan korban jiwa," sebutnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Tim Center Bakal Calon Gubernur Jambi Cek Endra, Adri. Dia memastikan tidak akan melakukan sosialisasi dengan mengumpulkan massa.

Hal ini dikarenakan wabah virus corona yang merebak di Indonesia, khususnya Provinsi Jambi. "Karena ini sudah jadi anjuran pemerintah dari pusat hingga daerah, makanya untuk sosialisasi berbasis massa kami tahan dahulu," katanya.

Saat ini, pihaknya tengah membahas terkait kegiatan sosialisasi yang akan dilaksanakan kedepannya seperti apa.

"Kami membahas sosialisasi kedepan juga masih berkumpul, tetapi hanya beberapa orang saja," katanya.

Ia menyebutkan, pihaknya ikuti anjuran pemerintah untuk bisa mencegah dan menekan perkembangan virus tersebut. "Makanya kita saat ini tetap stay dan komunikasi dengan tim tertentu yang sifatnya terbatas," tukasnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Tim Pemenangan Calon petahana Fachrori Umar. Sebagai kandidat petahana, Fachrori rupanya sudah dari awal menghentikan seluruh kegiatan politik.

"Kami sebelum ada 1 orang yang positif terjangkit Virus Corona di Jambi sudah lebih dari 2 minggu menghentikan seluruh bentuk kegiatan politik yang sifatnya bertemu massa," kata Ketua Tim Keluarga Fachrori Umar, Miftahul Ikhlas.

Selain itu, hingga saat ini pihaknya terus memasifkan untuk kegiatan sosialisasi melalui media sosial. "Kita masif sosialisasi di Medsos saat ini, dan ini terus berjalan," bebernya.

Pria yang akrab disapa Paul ini mengatakan, untuk saat ini pihaknya juga akan membantu pemerintah untuk mensosialisasikan penanganan Virus Corona.

"Termasuk juga mengenai menghadiri undangan, Pak Fachrori juga meminta maaf untuk saat ini tidak bisa hadir. Beliau saat ini hanya akan fokus menangani dan mencegah wabah virus di Jambi," tandasnya.(fey)  





BERITA BERIKUTNYA
loading...