Kota Jambi Siap Lakukan PCR Mandiri

Bantuan Hand Sanitizer dan Alat Tes Covid-19 dari Singapura Tiba di Kota Jambi

Kamis, 21 Mei 2020 | 19:22:19 WIB

Wakil Walikota Jambi dan Rektor Unja saat prosesi serah terima bantuan Alat Tes Covid-19 di Posko Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi, Kamis (21/5).
Wakil Walikota Jambi dan Rektor Unja saat prosesi serah terima bantuan Alat Tes Covid-19 di Posko Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi, Kamis (21/5). (Ali Ahmadi/Jambione.com )

JAMBIONE.COM, JAMBI- Bantuan dari Pemerintah Singapura berupa 2000 liter konsentrat hand sanitizer, container, RNA Exraction Kits (alat tes Covid-19) telah sampai di Kota Jambi pada, Kamis (21/5). Bantuan tersebut disambut langsung oleh Wakil Walikota Jambi, Maulana dan selanjutnya diserahkan terimakan kepada Universitas Jambi, dan akan langsung dilakukan persiapan uji coba. 

Wakil Walikota Jambi, Maulana menjelaskan bahwa dengan adanya bantuan Singapura, berupa test kit dan bahan lainnya, yang dapat digunakan untuk melaksanakan uji pemeriksaan labor secara mandiri atas sampel yang diambil dari masyarakat Kota Jambi, terntunya akan mengefektifkan upaya percepatan penanganan Covid-19 di Kota Jambi dan Provinsi Jambi.

"Dengan adanya bantuan ini, untuk pemeriksaan uji SWAB dilaksanakan dan di proses oleh laboratorium yang ada di Universitas Jambi. Tentunya juga bekerjasama dengan pihak lain," ujarnya. 

Dengan adanya alat ini, Tes PCR diharapkan tidak lagi memotong waktu tunggu yang lama. Sehingga dapat menghemat biaya. 

"Kita perlu memiliki hasil tes dengan cepat untuk merawat pasien dengan benar. Dengan adanya bantuan ini, akan memutus waktu pemeriksaan dan akan dapat membantu daerah lain di Jambi untuk pemeriksaan tes Swab secara cepat," ujar Maulana.

Kata Maulana, alat itu mampu melayani sebanyak 10.368 kali tes, dan 50 unit Mirxes Fortitude Kit. 

"Bantuan bernilai SGD 125.258 tersebut, memang ditujukan untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Kota Jambi dan Provinsi Jambi pada umumnya," katanya.

Sementara Rektor Unja, Prof Sutrisno mengatakan bahwa pihaknya berterimakasih kepada Pemkot Jambi atas jalinan kerjasama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Jambi. Nantinya, secara tekhnis, akan dilakukan langsung oleh Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). 

"Kami sudah siap, secara sarana dan prasarananya, termasuk juga operatornya. Kuta juga dibantu oleh BPOM, IDI, dan juga pihak lain," katanya. (ali)





BERITA BERIKUTNYA
loading...