Okupansi Hotel Turun Drastis, Sekarang Yang Penting Bertahan Dulu

Sabtu, 23 Mei 2020 | 06:55:55 WIB

()

Jambione.com – Sejak Maret, hotel-hotel berbagai skala mengerem aktivitas bisnis mereka. Pandemi Covid-19 membuat tingkat hunian alias okupansi turun drastis. Sebagian hotel bahkan memilih tutup sementara sampai kondisi perekonomian membaik.

Colliers mencatat rata-rata tingkat hunian kamar secara keseluruhan dan average daily rate (ADR) hotel-hotel di Asia Pasifik anjlok. Kisarannya mencapai 42,1 persen pada kuartal pertama 2020.

’’Ini masih akan terus terjadi sampai wabah bisa ditanggulangi,’’ tutur Kepala Riset Colliers International Indonesia Ferry Salanto Kamis (21/5).

Direktur Eksekutif dan Kepala Hotel & Kenyamanan untuk Layanan Valuasi & Penasihat Asia Govinda Singh menyatakan bahwa kinerja hotel-hotel di Asia Pasifik sepanjang kuartal pertama 2020 memang tidak baik.

’’Stimulus yang kuat serta kebijakan dan fundamental ekonomi yang kuat bisa menerbitkan harapan jangka pendek,’’ jelasnya. Itu juga akan menjadi landasan yang baik bagi para pebisnis hotel untuk rebound dengan cepat setelah pandemi berlalu.(*)

Sumber: JawaPos.com




BERITA BERIKUTNYA
loading...