Bahaya Mengintai Konsumsi Antinyeri Sembarangan

Selasa, 09 Juni 2020 | 09:47:25 WIB

()

Oleh: Dr Benny Hartono SpB

Jambione.com, Seringkali nyeri pada daerah persendian menjadi keluhan paling banyak terutama bagi mereka yang telah lanjut usia. Hal ini dapat disebabkan beberapa faktor seperti serangan akut asam urat, peradangan sendi, permukaan sendi yang aus akibat usia, autoimun, cedera pada masa lampau, dan lain sebagainya. Tatalaksana untuk nyeri persendian ini juga beragam antara lain fisioterapi, penggunaan penyangga tubuh dan tongkat, mengurangi berat badan, kompres dengan air hangat, olahraga berenang, mengoles salep/krim, serta konsumsi obat-obatan antinyeri.

Namun sangat disayangkan beberapa dari mereka yang menderita nyeri sendi, mengambil keputusan untuk mengobati diri sendiri tanpa berkonsultasi/memeriksakan diri ke dokter. Mereka membeli obat di apotik dengan informasi seadanya dan cenderung berbahaya. Sayangnya, petugas apotik meluluskan permintaan tadi. Pada waktu awal penderita merasa nyaman dengan hilangnya nyeri, lama kelamaan penderita menjadi ketagihan dengan rutin mengkonsumsi obat tersebut bahkan melipatgandakan dosisnya.

Seperti yang telah diketahui, bahwa obat antinyeri dapat meningkatkan produksi asam lambung sampai membuat  erosi  dan  melukai  lambung.  Apabila  dikonsumsi  secara serampangan tanpa petunjuk dari dokter, suatu saat lambung dapat menjadi bocor (perforasi). Gejala khas yang dirasakan oleh penderita adalah munculnya sensasi terbakar tiba-tiba di ulu hati kemudian nyeri dengan cepat menyebar ke seluruh lapangan perut. Setelah itu penderita mengalami sesak, kembung, demam, penurunan tekanan darah, koma sampai meninggal. Pada pemeriksaan lebih lanjut didapatkan gambaran tegang di seluruh lapangan perut (peritonitis) dan pemeriksaan radiologi  ditemukan adanya udara bebas dalam perut.

Apabila sudah sampai tahap  peritonitis, maka  diperlukan  tindakan  medis resusitasi dilanjutkan dengan pembedahan segera. Tindakan bedah bertujuan untuk membersihkan rongga perut dari cairan lambung yang bocor diikuti penutupan daerah berlubang. Operasi demikian merupakan operasi besar dan memiliki risiko sangat tinggi. Karena itu, menghindari sampai terjadi bocornya  lambung tentu merupakan pilihan terbaik.

Sebagai kesimpulan, apabila anda atau ada anggota keluarga yang anda cintai mengalami nyeri persendian, datang dan  konsultasikan penyakit ke  dokter. Hindari mengobati diri sendiri dari masukan informasi tidak tepat, sebab dapat menimbulkan efek samping berbahaya bahkan menjadi fatal. Harta sejati adalah kesehatan, bukan emas dan perak-Mahatma Gandhi.(Penulis adalah Dokter Spesialis Bedah RSU Siloam dan Theresia Jambi)





BERITA BERIKUTNYA
loading...